NASIHAT

Nasihat Imam al-Qurtubi Agar Negara Selamat dari Malapetaka

ASSAJIDIN.COM — Imam al-Qurtubi dalam karya tafsirnya al-Jami’ Li Ahkam al-Qur’an mengatakan bahwa untuk menjadi negara yang aman serta selamat dari malapetaka, setidaknya harus terwujud empat orang yang harus berjalan sebagaimana fungsinya.

Berikut penjelasan tentang empat orang tersebut yang dikutip dari laman Bincangsyariah.com :

قال الإمام شمس الدين أبو عبد الله محمد بن أحمد بن أبي بكر بن فرح الأنصاري الخزرجي القرطبي (المتوفى : 671 هـ) رحمه الله تعالى في الجامع لأحكام القرآن :

وَقِيلَ : كُلُّ بَلْدَةٍ يَكُونُ فِيهَا أَرْبَعَةٌ فَأَهْلُهَا مَعْصُومُونَ مِنَ الْبَلَاءِ : إِمَامٌ عَادِلٌ لَا يَظْلِمُ ، وَعَالِمٌ عَلَى سَبِيلِ الْهُدَى ، وَمَشَايِخُ يَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَيُحَرِّضُونَ عَلَى طَلَبِ الْعِلْمِ وَالْقُرْآنِ ، وَنِسَاؤُهُمْ مَسْتُورَاتٌ لَا يَتَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَى

Lihat Juga :  Suluh ku cari, Allah Bilang Jangan Bersedih

Setiap Negara yang didalamnya terdapat empat macam orang ini maka akan selamat dari bencana dan musibah: pertama, pemimpin yang adil dan tidak dholim.  

Kedua, ulama’ yang konsisten dijalan kenenaran. Ketiga, pendidik yang selalu mengajak pada kebaikan dan mencegah kemungkaran serta senantiasa meberikan motivasi belajar keilmuan khususnya al-Qur’an. 

Keempat, wanita yang selalu menjaga busana ( tidak umbar aurat)”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button