SYARIAH

Bagaimana Menurut Hukum Islam, Diperiksa oleh Dokter Berbeda Jenis Kelamin

AsSAJIDIN.COM — Berikhtiar untuk sembuh dari sakit adalah sunnatullah. Allah menyembuhkan melalui perantara kepiawaian seorang ahli, perawat, dokter misalnya.

Dalam Islam  seorang wanita dan lelaki tidak boleh bersentuhan dan melihat aurat selain bukan mahramnya. Lalu bagaimana hukumnya bila seorang perawat harus bersentuhan dan melihat
aurat kliennya juga apapila diperiksa oleh dokter yang berbeda jenis kelamin. Bagaimana menurut hukum Islam?

Orang hidup itu selalu membutuhkan pertolongan orang lain. Bagaimanapun kuat dan gagahnya ia, tetaplah ia merupakan makhluk yang lemah. Sakit akan selalu menimpa siapa saja, tidak
peduli ia berkelamin laki-laki atau perempuan, kaya atau miskin, semua sama saja dan pasti akan pernah merasakan sakit. Ini secara tidak langsung merupakan hikmah, mengapa seorang
muslimah itu tidak boleh hanya berhenti di rumah sehingga ia harus tetap belajar dan belajar.

Termasuk di antaranya mempelajari ilmu kedokteran. Kasihan kaumnya yang sakit bila tidak menemukan dokter yang sesama jenis kelamin dengannya.

Adapun bagi orang yang sudah terlanjur sakit kemudian tidak menemukan dokter lain selain dokter lawan jenis, maka ada tuntunan syariat yang harus diupayakan untuk diikuti antara
lain sebagai berikut:

 

1. Kondisinya terpaksa, sementara tidak ada dokter lain yang tunggal jenis kelamin di wilayahnya atau wilayah terdekat dengannya

Lihat Juga :  Jika Engkau Ridho Allah pun Ridho

2. Ketika pasien lawan jenis diperiksa, maka ia harus ditemani perempuan lain atau orang yang menjadi mahramnya, suami/istrinya, atau sayyid-nya (tuannya bila pasien adalah hamba
sahaya, red).

3. Aurat yang boleh dibuka dan dipegang adalah sekadar yang diperlukan untuk keperluan pemeriksaan

4. Bila terpaksa harus ke dokter lain jenis, maka harus diupayakan terlebih dulu dokternya adalah seorang yang muslim yang bisa dipercaya untuk pasien perempuan, dan dokter muslimah
yang bisa dipercaya untuk pasien kaum laki-laki. Dan bila tetap ia tidak menjumpai, maka boleh ke kafir dzimmy dengan syarat bisa dipercaya juga aman dari fitnah.

Ketentuan ini berangkat dari keterangan dari kitab Hâsyiyah al-Bâjury, antara lain sebagai berikut:

Artinya: “Hukumnya boleh, melihatnya dokter ke perempuan bukan mahram pada anggota badan yang dibutuhkan untuk pengobatan, bahkan di area farji. Namun demikian itu (harus) disertai
kehadiran mahram, suami, atau sayid, [dengan catatan] jika tidak dijumpai adanya perempuan yang bisa mengobatinya.” (Burhanuddin Abu Ishaq Ibrahim bin Muhammad bin Ahmad Al-Bajuri, Hâsyiyah al Bâjury ‘alâ Sharhi al-Allaâmah Ibni Qâsiim al-Ghâzi ‘alâ Matni Abi Shujjâ’, Beirut, Dâru al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1999, Juz 2, halaman 99)

 

Adapun tentang kebolehan menyentuh, memeriksa pasien, berobat ke dokter lawan jenis yang muslim dan bila dalam kondisi sangat terpaksa ke dokter golongan dzimmi, kita bisa ambil
keterangan berikut:

Lihat Juga :  9 Nilai Integritas yang Harus Dimiliki agar Teladan Layanan Bebas dari Korupsi

Artinya: “Jumhur fuqaha’ berpendapat bahwasannya boleh bagi dokter ketika adanya hajat yang mendesak untuk membuka aurat pasien baik laki-laki maupun perempuan, baik yang berjenis
kelamin sama dengannya atau berjenis kelamin berbeda. Para fuqaha’ selanjutnya berpendapat:
…..boleh bagi seorang dokter muslim jika tidak ditemukan dokter perempuan untuk mengobati pasien wanita ajnabiyah yang muslim, serta melihatnya dan menyentuhnya sekedar hajar
kebutuhan yang mendesak, dengan catatan jika tidak ditemukan adanya dokter perempuan. Dan dalam kondisi ketiadaan dokter muslim, boleh periksa ke dokter dzimmy.” (Wazâratu al-auqâf
wa al-Syu-ûn al-Islamiyyah, al-Mausûatu al-Fiqhiyah, Kuwait, ‘Umûm-Ghilah, 1994, Juz 31,  halaman 56)

Demikian jawaban singkat dari kami, semoga bisa menjawab permasalahan dari saudara penanya! Wallahu a’lam.(*/sumber: konsultasisyariah.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button