HAJI & UMROH

Tersisa 4 Kloter Rombongan Jemaah Haji untuk Debarkasi Palembang

ASSAJIDIN.COM — Sebanyak 358 jemaah haji Kloter 20 Debarkasi Palembang tiba di Tanah Air, Minggu (30/7) siang. Total jemaah haji Debarkasi Palembang yang telah kembali ke Tanah Air hingga hari ini berjumlah 7.145 jemaah dari 8.505 jemaah yang berangkat.

Ketua Kloter 20 Hj. Mai Tiza Husna dalam laporannya menjelaskan, saat berangkat ke Tanah Suci lalu, jemaah kloter 20 berjumlah 359 orang.

Namun satu jemaah atas nama Idun Rohim Zen terpisah dengan rombongan usai menjalani prosesi wukuf dan hingga saat ini belum ditemukan keberadaannya. Dengan demikian jumlah jemaah kloter 20 yang kembali ke Tanah Air 358 orang.

“Kami terpisah dengan Bapak Idun pada 27 Juni 2023 atau bertepatan dengan 9 Zulhijjah 1444 H. Saat itu beliau izin ke toilet. Kami sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk menemukan keberadaan beliau, namun hingga kini belum ditemukan. Pencarian terhadap Bapak Idun Rohim masih terus dilakukan. PPIH Arab Saudi khususnya bidang perlindungan jemaah (Linjam) bekerjasama dengan otoritas Arab Saudi terus berupaya menemukan Bapak Idun Rohim. Mudah-mudahan beliau dapat ditemukan,” ujar Mai Tiza.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sumsel H. Armet Dachil menjelaskan, Debarkasi Palembang hingga hari ini telah menerima kedatangan 7.145 jemaah dengan rincian Sumsel 5.985 jemaah, Babel 1.061 jemaah, dan 99 petugas kloter.

Lihat Juga :  Khutbah di Arafah, Diterjemahkan ke Bahasa Melayu

Adapun jemaah yang meninggal 37 orang dengan rincian 32 jemaah meninggal di Arab Saudi, satu jemaah di embarkasi, dan empat jemaah di debarkasi.

“total jemaah Embarkasi/Debarkasi Palembang yang masih berada di Tanah Suci berjumla 1.328, yang tergabung dalam empat kloter. Terakhir, Debarkasi Palembang akan menerima kedatangan jemaah pada tanggal 2 Agustus,” jelas Armet.

Kedatangan kloter 20 disambut di Aula Asrama Haji Sumsel. Hadir dalam acara penyambutan Kepala Biro Kesra Pemprov Sumsel H. Abdul Hamid, Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Sumsel H. Abadil, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) H. Armet Dachil, Kepala Bidang Penais H. Kholil Azmi, Kepala Bidang Urusan Agama Islam H. Efriansyah, Kabag Agama Pemprov Sumsel H. Sunarto, Kepala Balai Diklat Keagamaan Palembang H. Saefudin, Direktur Swarna Dwipa Pengelola Asrama Haji Sumsel H. Rebo Iskandar Pohan, dan unsur PPIH Debarkasi Palembang.

Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Sumsel H. Abadil dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada jemaah kloter 20. Abadil berharap Jemaah haji kloter 20 dapat menjaga kemabruran haji serta menjadi tauladan bagi masyarakat.

Lihat Juga :  Tiga Skema Pengurusan BPIH Bagi Jemaah Haji Musim ini yang Batal Berangkat

“Kita semua berharap apa yang bapak ibu lakukan ibadah haji senantiasa diteriam Allah SWT dan haji yang mabrur dan Mabruroh. Sungguh berat perjalanan ibu sekalian yang bertahun tahun bapak ibu menunggu yang sangat sakral ini, Alhamdulillah bapak ibu dipanggil menunaikan ibadah , tetunya ibadah ini harus kita jaga terus, karena haji yang terpenting itu ketika kepulangannya, hari ini bapak ibu akan pulang ke daerah asal masing masing, jaga kemabruran hajinya. bapak ibu menjadi tauladan masyarakat, dimana masyarakat melihat perilaku bapak ibu menjadi tauladan, oleh karena itu jaga kemabruran haji” ujar Abadil

Sementara itu Ade Mulyadi Ketua Rombongan 8 mengatakan bahwa penyelenggaraan ibadah haji di kloter 20 secara umum dapat dijalani dengan baik dari pelayanan yang diberikan pemerintah.

walaupun masih terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan evaluasi. Namun ia mengaku mendapat tempat tinggal hotel yang baik serta jemaah bisa melaksankan arbain 40 waktu.(*/trijumartini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button