ALFURQON SCHOOL

SDIT Al Furqon Gelar Kegiatan Baksos dan Penampilan Seni untuk Tumbuhkan Karakter Profil Pancasila pada Siswa

ASSAJIDIN.COM –SDIT Al Furqon menggelar kegiatan pembukaan dan penampilan seni kegiatan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema “Bhinneka Tunggal Ika Berdamai dengan Diri” bertempat di gedung SD IT Al Furqon Palembang Kamis 13 April 2023.

Kepala SD IT Al Furqon Palembang Zakiudin SPd.I mengatakan, kegiatan ini adalah kegiatan puncak tema implementasi dari kurikulum merdeka.

“Jadi tema kegiatan kedua ini adalah penggabungan dari kurikulum keislaman dan kurikulum merdeka. Sehingga kegiatannya dirangkai dari kegiatan pesantren kilat, penggalangan dana dan baksos. Penggalangan dana kencleng siswa yang Alhamdulillah telah dilaksanakan secara simbolis terkumpul sebesar Rp 151 juta,” ujarnya.

Kemudian, sambung Zakiudin,dana-dana yang terkumpul kita belanjakan untuk baksos sebanyak 330 paket sebanyak ditambah amplop Rp 150.000. Untuk dibagikan setelah salat subuh membagikan kepada sahabat pasukan kuning pasukan gerobak untuk 200 orang dan amplop Rp100.000.

Lihat Juga :  Bercanda dalam Kelas, Guru Tampar Murid, Orangtua tidak Terima Lapor Polisi

Kemudian siangnya melaksanakan kunjungan ke panti sebanyak 20 Panti yang akan diberikan paket beras 10 kilo Indomie 2 dus dan susu indomilk 2 dus.

Selain itu, lanjut Zakiudin, kemudian siswa berkreasi membuat parcel dan celengan, dan alhamdulillah uang yg terkumpul sdh diserahkan ke wakil keislaman dan akan didistribusikan ke pakir miskin dalam bentuk paket sembako, kemudian celengam tersebut akan dibawa pulang agar anak-anak tetap gemar menabung.

 

“Tampilan ketiga sore ini adalah sampai malam. Ini adalah rangkaian kegiatan P5 semua.Anak-anak menampilkan bakat minat kreasi anak-anak sesuai yang mereka pilih sesuai dengan kemampuan mereka Sesuai tema menggali potensi diri,” katanya.

“Jadi siswa mengenali mereka sendiri. Sehingga anak-anak memiliki rasa syukur atas seluruh anggota tubuh yang diberikan Allah dan menghargai orang di sekitar dan kepedulian terhadap sesama dan tubuhnya jiwa gotong royong,” tambah Zakiudin.

Lihat Juga :  Bacaan Niat Puasa Qadha Ramadhan, Bolehkah Digabung dengan Puasa Syawal

Lebih lanjut Zakiudin menuturkan, harapannya kedepan adalah karakter profil Pancasila jadi karakter peserta didik di SD IT Al Furqon.

“Salah satunya memiliki jiwa gotong royong, memiliki jiwa keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, dan timbulnya kemandirian,” bebernya.

“Karena malam ini anak-anak tidak tidur dengan orang tuanya tapi dengan teman-teman satu kelasnya. Ini dalam rangka menumbuhkan kemandirian siswa dan menumbuhkan tanggung jawab terhadap barang yang mereka miliki. Ini yang kita tumbuhkan dari anak-anak Al Furqon.Kita juga ingin menumbuhkan kepedulian anak terhadap orang di sekitarnya. Sehingga kasus bullying, saling hina dan perundungan tidak terjadi di SD IT Al Furqon,” tandasnya. (Yanti)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button