PENDIDIKAN

17.792 Peserta Gagal Masuk Unsri Jalur SNMPTN, Masih Ada Kesempatan di SBMPTN, Begini Jalurnya

 

ASSAJIDIN.COM — Sebanyak 17.692 peserta dari berbagai sekolah gagal masuk Universitas Sriwijaya (Unsri) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021.

Pasalnya, dari 19.298 peserta yang mendaftar, Unsri telah menerima 1506 peserta di jalur SNMPTN tahun ini. Pasalnya, Unsri hanya menyiapkan kuota 20 persen dari jalur undangan ini.

Humas dan Promosi SNMPTN Unsri, Prof Dr Ir Zulkifli Dahlan MSi DEA mengatakan, pengumuman hasil SNMPTN tahun ini dapat diakses melalui laman utama https://pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id atau pada 28 laman mirror dengan menginput nomor pendaftaran SNMPTN 2021.

“Sertakan juga tanggal lahir peserta sesuai dengan data diri yang telah teregistrasi pada sistem LTMPT,” ujarnya, Selasa (23/3/2021).

Zulkifli menambahkan bahwa secara rinci bahwa peminat Unsri ditahun 2021 melalui jalur SNMPTN adalah pilihan 1 ada 14.557 peserta dan diterima 1.497 orang. Lalu total pendaftar pilihan 2 ada 12.439 peserta dan total diterima hanya 9 orang. Sementara total pendaftar KIP-K ada 4.387 orang dengan total diterima 335 orang.

Lihat Juga :  Kuliah Tatap Muka Belum Jelas, Unsri Minta Mahasiswa Bersabar

Zulkifli juga mengingatkan calon mahasiswa yang diterima lewat jalur SNMPTN untuk mengikuti beberapa tahapan penting seperti verifikasi data akademik.

Sementara bagi peserta yang tidak lulus SNMPTN, kata Zul, Unsri masih membuka kesempatan lewat jalur SBMPTN 2021. Pendaftaran lewat jalur ini dibuka sejak 15 Maret hingga 1 April mendatang.

“Masih ada kesempatan UTBK-SBMPTN dan seleksi mandiri. Kita sediakan kuota 80 persen untuk dua jalur tersebut,” pungkasnya. (Sugi)

Berikut ini alur pendaftaran SBMPTN 2021:

1. Buka laman portal LTMPT
Pendaftaran SBMPTN 2021 silakan https://portal.ltmpt.ac.id

2. Login akun LTMPT
Selanjutnya login dengan akun LTMPT (e-mail dan password)

3. Klik menu “UTBK-SBMPTN”

4. Melengkapi Biodata
Bagi peserta tunanetra, tahapannya:
Butuh fasilitas tunanetra
Unduh formulir pernyataan tunanetra
Unggah bukti pernyataan tunanetra Konfirmasi Permanen Biodata
Jika peserta buka tunanetra, maka: Langsung Konfirmasi Permanen Biodata

Lihat Juga :  Program Religi dan Shalat Subuh Berjemaah Harus Terus Dilanjutkan

5. Memilih Program Studi
Bagi pemegang nomor pendaftaran KIP Kuliah tidak dapat memilih Prodi dari PT Keagamaan (UIN). Jika tetap ingin memilih, harus membatalkan Kepesertaan KIP Kuliah di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ Bagi peserta bukan pemegang kepesertaan KIP Kuliah maka langsung memilih program studi.

6. Mengunggah Portofolio
Jika memilih prodi yang mewajibkan portofolio, maka alurnya mengunggah portofolio dan jika buka peserta SNMPTN maka langsung memilih Pusat UTBK.

7. Memilih Pusat UTBK
Konfirmasi pilihan prodi, pusat UTBK dan pembayaran biaya UTBK/pemegang KIP Kuliah. Antri untuk memperoleh nomor peserta.
Bagi pemegang nomor pendaftaran KIP Kuliah maka langsung melihat nomor pendaftaran dan langsung Konfirmasi Kartu Tanda Peserta.

Bagi yang bukan pemegang nomor pendaftaran KIP Kuliah maka alurnya:
*Memperoleh Slip pembayaran biaya UTBK
*Melakukan pembayaran di Bank Mitra LTMPT
*Melihat nomor pendaftaran
*Konfirmasi Kartu Tanda Peserta

8. Unduh Kartu Peserta.(*/sugi)

Back to top button