HALAL

Kuliner Timur Tengah (9) : Kebab Dubai

ASSAJIDIN COM — Mengutip Wikipedia, nama kebab berasal dari bahasa Arab: kabab (کباب) yang awalnya berarti daging goreng, bukan daging panggang/bakar.

Kebab Dubai. (Foto : Cookpad.com)

Kata kabab kemungkinan berasal dari bahasa Aram: כבבא kabbābā yang mungkin berasal dari bahasa Akkadia: kabābu yang berarti “bakar, panggang”.

Pada abad ke-14, kebab menjadi sinonim dengan tabahajah, hidangan berupa potongan daging goreng dalam bahasa Persia.

Dalam buku-buku berbahasa Turki, istilah kebab sering dipakai untuk bola-bola daging yang dibuat dari daging ayam atau daging domba cincang.

Istilah kebab baru berarti hidangan daging panggang (shish kebab) sejak zaman Kesultanan Utsmaniyah, tetapi masih ada istilah lain yang lebih kuno untuk daging panggang, yakni shiwa` (شواء ) asal bahasa Arab.

Walaupun demikian, kebab masih dipakai dalam pengertian aslinya dalam berbagai hidangan seperti semur, misalnya tas kebab (kebab dalam mangkuk) dari Turki. Dalam masakan Mesir ada hidangan semur daging sapi dan bawang bombai yang disebut Kebab Halla.

Lihat Juga :  Kuliner Timur Tengah (11) : Tabbouleh Suriah

Resep Kebab Dubai

Kali ini kita sajikan resep Kebab Dubai, makanan yang cukup populer di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) yang dikutip dari Cookpad com :

 

Bahan-bahan 

Isian 1 :

Sosis sapi / ayam

Saus teriyaki

Saus tiram

Bawang putih

 

Isian kedua :

1 kg Daging ayam cincang kasar

4 siung bawang putih cincang halus

1 buah bawang bombai

1/4 kg cabe hijau cincang halus

Garam

Lada

Bumbu gulai

 

Pelengkap :

Minyak untuk menumis

Tortila

Daun selada

Saos sambal

Mentimun cincang kasar

Mayonaise

1 buah bawang bombai cincang

 

Cara Membuat :

– Masukkan minyak untuk menumis bawang putih, sampai keluar aroma harum lalu masukkan sosis lalu masukkan saus tiram dan saus teriyaki. Aduk sampai rata dan sosis mengembang angkat lalu sisihkan.

– Masukkan minyak untuk menumis bawang putih sampai aromanya keluar lalu masukkan bawang bombai aduk, lalu masukkan cabe hijau aduk lagi dan tumis sampai agak layu.

Lihat Juga :  Kuliner Timur Tengah (17-habis) : Baklava Turki 

– Kemudian masukkan ayam masak sampai ayam matang, lalu masukkan bumbu gulai bubuk, garam, lada, aduk sampai tercampur rata, tes rasa. Biarkan sampai matang lalu angkat sisihkan.

– Ambil selembar tortila beri mayonaise, lalu susun selada lalu taruh isian sosis (bisa isi 1 atau 2 sosis atau sesuai selera ya) beri mentimun+bombai cincang+ saos pedas.

– Setelah itu sedikit ujung tortila bagian bawah lipat keatas lalu gulung sampai tertutup. Lalu bungkus dengan plastik kalau masih dimasak nanti.

– Ambil selembar tortila, lalu beri mayonaise setelah itu susun selada, adonan ayam, mentimun dan bombai cincang, lalu beri saos sambal.

– Lipat sedikit ujung bagian bawah lalu gulung sampai tertutup, lalu bungkus plastik kalau masih nanti dimasaknya.

– Lakukan sampai semua bahan habis.

– Kalau mau digoreng tinggal panasin margarine di atas teflon lalu panggang sampai matang, dan sajikan dengan saos sambal.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button