ALFURQON SCHOOL

Alhamdulillah, PG/TK IT dan SDIT Al Furqon Gelar Kurban Idul Adha 1445 H

ASSAJIDIN.COM — Pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Umat Muslim merayakan lebaran salah satunya dengan berkurban.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Yayasan Pendidikan dan Dakwah PGIT/TKIT dan SDIT Al Furqon Palembang.

Ketua Pelaksana penyembelihan hewan kurban, Nyanyu Dian, M.Pd, mengatakan di tahun 2024 ini ada tiga ekor sapi dan enam ekor kambing yang disembelih untuk kurban.

Pelaksanaan kurban dilakukan pada, Selasa, (18/6/24) di halaman SDIT al Furqon, Jalan R. Soekanto No. 1332, 8 ilir, Kecamatan Kemuning, Palemvang.

Untuk pembagian daging kurban, Pihak sekolah tidak menggunakan kupon, namun pihak sekolah membagikan undangan kepada Yatim Mandiri, guru, orang tua, serta tetangga sekitar sekolah.

“Ada dua sapi dan satu kambing itu infak kurban dari siswa PGIT/TKIT dan SDIT Al Furqon, satu sapi dari Erlangga, dan lima kambing kurban dari siswa SDIT,”Ujar Nyanyu Dian.

Lihat Juga :  Senangnya Para PHL Dapat THR dan Bingkisan Sembako

Tak lupa pula hadir orang tua beserta siswa hadir mengikuti rangkaian pelaksanaan kurban ini guna menjadikan pembelajaran bagi siswa tentang berkurban.

“Sebagai pembelajaran, para anak-anak melihat praktek secara langsung, learned by doing. sebelumnya mempelajari melalui teori di dalam kelas dan sekarang anak anak turun langsung untuk melihat prakteknya,”katanya.

Para siswa melihat rangkaian mulai dari Penyembelihan, Pemotongan, Pembungkusan daging kurban, juga pembagian daging kurban kepada sesama.

Ia berharap dalam pelaksanaan kurban ini dijadikan pembelajaran bagi anak-anak kedepannya agar terbiasa menyisikan hartanya untuk bersedekah, mempunyai empaati dan simpati kepada orang yang tidak beruntung dan senang dalam melakukannya.

Lihat Juga :  Lebarkan Sayap ke Timur Tengah, SMAIT Al Furqon Palembang “ Gandeng” Al Azhar Cairo Mesir

“Tidak hanya itu, anak-anak tau dengan syarat-syaratnya berkurban, menteladani Nabi Ibrahim, tau tata cara penyembelihan dengan melihat langsung. jadi ketika dewasa tinggal mempraktekkan lagi,”katanya.

Sementara itu, salah satu orang tua murid yang ikut berkurban, Bunda Miftha mengatakan tahun ini ikut berkurban di sekolah agar mengajarkan sang anak arti berkurban serta mereka terus meneladani apa yang dicontohkan Nabi Ibrahin dan Nabi Ismail untuk terus berkurban apabila memiliki rezeki yang baik.

“Alhamdulillah, asheeqa senang berkurban tahun ini disekolah, hari ini lihat secara langsung dan tadi ikut masukin daging jurban kedalam wadah plastik,” Ucap Asheeqa mikha, Siswi kelas 1 usman SDIT Al Furqon. (*/Tri Jumartini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button