ALFURQON SCHOOLCAHAYA RAMADAN

Berkah Ramadhan, SDIT Al Furqon Palembang Gelar Bakti Sosial

ASSAJIDIN.COM — Banyak cara dalam mengambil keberkahan di bulan suci Ramadhan ini, berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan menjadi salah satu cara SDIT Al Furqon melakukan bakti sosial setiap tahunnya di bulan Ramadhan.

Kegiatan Bakti Sosial ini merupakan kegiatan rutin tahunan SDIT Al Furqon Palembang, dengan tujuan untuk menumbuhkan rasa sosial kepedulian , rasa simpati dan empati anak-anak.

Selama diumumkannya penerimaan donasi di bulan Ramadhan untuk bakti sosial ini, Hasil dari kepercayaan Wali murid kepada sekolah, puncaknya terkumpul dana sebesar Rp.106.652.000, dari wali murid SDIT Al Furqon, yang dibagikan kepada amil zakat, lembaga, panti asuhan, masyarakat sekitar lingkungan guru dan masyarakat sekitar sekolah.


Ketua Pelaksana kegiatan, Ari Astuti, S.Pd mengatakan untuk persiapan baksos ini di lakukan selama 17 hari dimulai awal Ramadhan.

Untuk mengumpulkan dana, pihaknya membuka stand khusus baksos. Sehingga wali murid atau guru yang ingin menyumbangkan sebagian hartanya dapat langsung datang ke stand.

“Di stand kita terima pakaian layak pakai, beragam sembako, kita juga menerima uang tunai via transfer,”katanya.

Lihat Juga :  Kaum Ibu, Jadilah Madrasah Pertama Anak, Majeli Taklim Salah Satu Sarananya

Menariknya, tidak hanya orangtua tetapi Anak-anak juga ikut andil berpartisipasi dalam bakti sosial. Mereka berkreasi membuat parcel lebaran didampingi oleh para guru di masing-masing kelasnya.

“Jadi tiap anak akan bawa sembako, misalnya tepung 1kg dan lainnya, lalu kita kumpulkan dan packing menjadi parcel. Tiap kelas menghasilkan 6-8 parcel dengan beragam isi parcel,”katanya.

Selain memunculkan jiwa kreativitas pada anak, hal ini juga menanamkan jiwa berbagi dan kerjasama pada anak. Hasil parcel yang telah di buat akan di bagikan kepada yang membutuhkan.

Sementara, Kepala Sekolah SDIT Al Furqon Palembang, Zakiudin, S.Pd.I mengatakan kegiatan di awali rangkaian pesantren terpadu selama satu pekan, lalu hari ini puncaknya Bakti Sosial.

“Alhamdulillah kegiatan ini terkumpul ratusan juta. Uang kita belanjakan juga untuk membeli sembako sebanyak 310 paket sembako, dibagikan masyarakat sekitar lingkungan alfurqon dan luar, Memberikan bantuan sumbangan kepada rekan rekan lembaga yang mengelola dana ini, juga kami berikan sebanyak 32 paket amplop untuk pasukan kuning,”katanya.

Ia mengatakan, Sebagian panitia juga sudah berangkat menuju 35 panti asuhan di palembang untuk kita bagikan beberapa bantuan seperti paket sembako, minuman dan pakaian layak pakai.

Lihat Juga :  Kualitas Udara Semakin Buruk, Sekolah Diperbolehkan Mengurangi Jam Belajar Hingga Daring

Ia berharap, Semoga dengan apa yang kita laksanakan di puncak kegiatan ini menjadi wasila atau perantara pertolongan Allah untuk membawa keberkahan bagi kita dan sekolah ini.

“Kita berikan kepada orang yang layak menerimanya dan menjadi ladang keberkahan buat orangtua, murid, dan sekolah ini. Luar biasanya anak-anak bahkan menangis jika tidak ikut menyumbangkan hartanya,”katanya.

Ia mengucapkan ribuan terima kasih kepada seluruh wali murid yang memberikan kepercayaan dan juga menanamkan kebiasaan pada anak setiap bulan atau setiap jumatnya untuk berbagi dan sedekah.

“Terimakasih untuk semua bantuannya, semoga lembaga ini semakin maju, berkembang dan bermutu. Bahkan lembaga ini yang sebelumnya memberikan ratusan paket maka kemudian hari akan mampu memberikan ribuan paket bantuan untuk warga palembang,”katanya saat di wawancarai.

Adapun lembaga yang menerima sebagian bantuan yaitu Yatim Mandiri, Rumah Zakat, DT Peduli, Dompet Dhuafa, Rumah Tahfidz, serta masyarakat umum. (TRI JUMARTINI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button