KELUARGA

Alasan Seseorang Jarang Upload Sosmed, Ada Banyak Pertimbangan

ASSAJIDIN.COM  — Hampir sebagian besar seseorang memiliki media sosial dalam kehidupan sehari-harinya. di Era yang serba digital seperti sekarang, kita hampir tidak pernah menjumpai seseorang yang tidak memposting kehidupannya di media sosial.

Namun, ada loh seseorang yang tidak bahkan jarang mengunggah foto atau kehidupan pribadinya di media sosial dan tetap menjaga privasinya di media sosial.

Ternyata ini beberapa alasan mengapa seseorang jarang Update di media sosial.

1. Menjaga Privasi
Ada beberapa orang berfikir bahwa akan berbahaya bagi dirinya jika sembarangan menggugah foto mereka.
Mereka percaya bahwa tidak semua aspek kegidupan mereka perlu di publikasikan, dan orang tersebut sangat menghargai sebuah privasi.

2. Menghindari dari Hasad / Iri Orang lain
Alasan berikutnya karena mereka menghindari dari hasad.
Dari Abu Hurairah bahwa Nabi SAW bersabda, “Hindarilah kamu daripada hasad, karena hasad itu memakan segala amal kebajikan, bagaikan api memakan kayu bakar.” (HR. Abu Daud)
orang yang memiliki penyakit hasad tidak akan pernah merasa puas dengan nikmat yang Allah berikan dan selalu mengharap kejelekan dan kesengsaraan orang lain.

Lihat Juga :  Ancaman Allah Bagi yang Meremehkan Kewajiban Zakat

Dari media sosial, seringkali orang memposting kenikmatan dan kebahagian hidup. Namun, tak banyak orang yang suka akan nikmat seseorang.

untuk menghindari sifat tersebut, salah satu cara yaitu tidak memiliki media sosial.

3. Malu
Ada juga orang tidak suka di foto dan meng-upload fotonya karena merasa malu atau minder kepada dirinya sendiri. Tak jarang juga mereka berfikir mengapa foto yang mereka posting tidak bisa sekeren milik teman-temannya.

4. Menjauhkan diri dari penyakit A’in
Penyakit ain adalah kondisi sakit yang muncul karena pandangan iri atau dengki terhadap orang lain.
Dengan kita memposting kehidupan di media sosial, akan menimbulkan pandangan iri orang lain terhadap kita.
Tidak memamerkan apa pun yang mungkin dapat memunculkan ketakjuban dan kekaguman bagi orang yang menatapnya lantaran khawatir terkena ain.

Lihat Juga :  Pemuda dalam Alquran

5. Lebih menyukai Interaksi secara langsung
Orang yang jarang memposting di media sosial lebih menyukai untuk sharing dan interaksi secara langsung.

6. Menjaga perasaan orang lain
Tidak semua orang memiliki kebahagian yang sama. Seperti contoh tidak semua orang bisa berfoto ddan mengunggah foto dengan keluarga yang lengkap. Ada yang hanya memiliki ibu atau ayah. Bagaimana jika ada yang menangis ketika melihat postingan yang bahagia? Oleh karena itu, orang yang tidak mengunggah foto di media sosial berusaha untuk menjaga hati mereka yang melihat.(Tri jumartini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button