Uncategorized

Kubur Memanggilmu, Bersiaplah! (5) : Jadikan Al-Quran Sahabat Karibmu

ASSAJIDIN.COM — Bazzar meriwayatkan dalam kitab La’aali Masnunah bahwa jika seseorang meninggal dunia, ketika orang-orang sibuk dengan kain kafan dan persiapan pengebumian di rumahnya, tiba-tiba seseorang yang sangat tampan berdiri di kepala mayat. Ketika kain kafan mulai dipakaikan, dia berada di antara dada dan kain kafan.

Setelah dikuburkan dan orang-orang mulai meninggalkannya, datanglah dua malaikat. Yaitu Malaikat Munkar dan Nakir yang berusaha memisahkan orang tampan itu dari mayat agar memudahkan tanya jawab.

Tetapi si tampan itu berkata,” Ia adalah sahabat karibku. Dalam keadaan bagaimanapun aku tidak akan meninggalkannya. Jika kalian ditugaskan untuk bertanya kepadanya, lakukanlah pekerjaan kalian. Aku tidak akan berpisah dari orang ini sehingga ia dimasukkan ke dalam syurga.”

Lalu ia berpaling kepada sahabatnya dan berkata,”Aku adalah Al Quran yang terkadang kamu baca dengan suara keras dan terkadang dengan suara perlahan. Jangan khawatir setelah menghadapi pertanyaan Munkar dan Nakir ini, engkau tidak akan mengalami kesulitan.”

Setelah para malaikat itu selesai memberi pertanyaan, ia menghamparkan tempat tidur dan permadani sutera yang penuh dengan kasturi dari Mala’il A’la. (Himpunan Fadhilah Amal : 609)

Lihat Juga :  Ini Muslimah yang Wajib Mengqadha Shalatnya

Wahai saudara-saudaraku yang seiman …

Di alam kubur, orang-orang kafir disiksa habis-habisan oleh malaikat Munkar dan Nakir. Mereka tak bisa menjawab pertanyaan sehingga setiap kali mereka tak bisa menjawab, maka malaikat memukul ahli kubur itu.

Pukulan yang begitu keras itu sampai membuat nyala api di dalam kubur orang kafir itu. Api itu terus menyambar-nyambar orang kafir itu hingga hari kiamat.

: فإن كانت عقيدته مختلفة امتنع أن يقول: الله ربي ، وأخذ غيرها من الألفاظ ، فيضربانه ضربة يشتعل منها قبره نارا ثم تطفأ عنه أياما ، ثم تشتعل عليه أيضا ، هذا دأبه ما بقيت الدنيا ،

“Dan apabila memiliki akidah yang berbeda maka dia tidak bisa berkata ‘Allah Tuhanku’ dan kata-kata lainnya. Karena itu, dua malaikat itu memukulnya dengan satu kali pukulan sehingga menyala api di dalam kuburnya. Terkadang api itu pada beberapa hari kemudian menyala lagi. Keadaan ini terus-menerus menimpanya selagi dunia masih ada(sampai kiamat).” (At Tadzkirah, halaman 355).

Lihat Juga :  Ini Kata Panelis Soal Penampilan Para Cagub-Cawagub Sumsel pada Debat Kandidat yang Digelar KPU, Ada Satu yang Menonjol

Sementara itu, mereka yang membaca dan benar-benar mengamalkan Al-Quran akan mendapatkan syafaat darinya.

Rasulullah SAW bersabda:

اقرأوا القرآن فإنه يأتي يوم القيامة شفيعا لأ صحابه

“Bacalah Al-Quran, sesungguhnya ia pada hari Kiamat akan datang memberi syafaat kepada pembacanya.” (HR Muslim).

Rasulullah SAW juga memberikan kabar gembira, orang yang mahir akan bersama dengan para malaikat.

Hal ini berlaku baik bagi yang sudah mahir maupun yang masih terbata-bata. Rasulullah SAW bersabda:

الماهر بالقرآن مع السفرة الكرام البررة، والذي يقرأ القرآن ويتتعتع فيه وهو عليه شاق، له أجران

“Orang yang mahir membaca Al-Quran maka dia bersama-sama dengan malaikat yang mulia dan taat, sedangkan yang membaca Al-Quran dengan terbata-bata dan merasakan kesulitan maka baginya dua pahala.” (HR Muslim).

 

Sumber bacaan :

Republika.co.id

Pancabudi.ac.id

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button