HAJI & UMROH

Panitia Penyelenggara Haji Tahun 2024 Dilantik, Diharapkan Beri Pelayanan Terbaik

ASSAJIDIN.COM –Penjabat Gubernur Sumsel Dr Drs H A Fathoni, M.Si., GRCE yang diwakili oleh Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Sumsel Drs H Edward Candra, M.H menghadiri undangan dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Republik Indonesia (Kakanwil Kemenag RI) provinsi Sumsel.

Adapun kehadiran daripada Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Sumsel Drs H Edward Candra, M.H melantik Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/ Debarkasi Palembang dan pelaksana meal test tahun 1445 Hijriyah/2025 Masehi bertempat di Aula Asrama Haji Palembang, Senin (29/4/2024).

 

Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Sumsel Drs H Edward Candra, M.H mengatakan, pelantikan PPIH Embarkasi/Debarkasi Palembang Tahun 1445 H/2024 M merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya dan yang menjadi leading sector nya adalah Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) Pusat dan Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Sumsel bersama Pemprov Sumsel.

“Prinsip daripada kerja PPIH yakni memberikan Pelayanan dan memuliakan tamu-tamu Allah yaitu calon jemaah haji, oleh karena itu kita harus memberikan layanan secara profesional dan ikhlas,” ujarnya.

Kemudian, petugas atau PPIH dalam memberikan bimbingan dan pembinaan bagi Calon Jemaah Haji hendaknya memahami prosesi haji dan tata cara serta keifiyat manasik termasuk informasi sejak masuk Asrama Haji sampai keberangkatan, menetap dan melaksanakan rukun haji hingga kembali ke tanah air. Dan syukur Alhamdulillah tahun ini kita mendapatkan kuota jamaah sebanyak +7.295 orang,

Lihat Juga :  Dana Abadi Haji, Ternyata Digunakan Negara untuk Hal ini

“Dengan ini saya berharap agar Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/ Debarkasi Palembang tahun 1445 Hijriyah/2024 Masehi agar tetap menjaga kesehatan untuk melaksanakan tugas yang mulia dilaksanakan mulai tanggal 11 Mei sampai dengan tanggal 15 Juli 2024,” ungkapnya.

Dilanjutkannya, pihaknya ingin pelayanan ibadah haji pada tahun 1445 Hijriah ini akan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Mengingat begitu pentingnya ibadah haji bagi umat Islam dan kerinduan ke rumah Allah SWT selalu dinanti umat Islam, maka harus kita laksanakan dengan penuh rasa keikhlasan dan tanggung jawab.

“Selamat menjalankan tugas sebagai PPIH Embarkasi/Debarkasi Palembang, semoga diberikan kesehatan, keselamatan dan kelancaran selama menjalankan tugas, dengan memaksimalkan segala upaya demi penyelenggaraan ibadah haji yang lebih baik,” katanya.

Dia mengucapkan selamat kepada Petugas Pelayanan Ibadah Haji Embarkasi Palembang Tahun 1445 H/2024 M, semoga dalam menjalankan tugas dengan baik, profesional dan ikhlas. Terkait dengan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II yang turun grade tidak mempengaruhi dengan ini, karena khusus haji dan umroh dan tetap melalui Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Cabang Palembang.

Lihat Juga :  Maksud Bersuka Cita Menyambut Ramadhan

“Kalau perbedaan antara tahun kemarin tetap sama seperti tahun kemarin, tetap konsentrasi terhadap untuk jamaah lanjut usia, termasuk tadi kita sudah melihat langsung contoh menu-menu yang ada di pesawat nantinya,” ucapnya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag RI Provinsi Sumsel Dr Syafitri Irwan, S.Ag., M.Pd.I menuturkan, tentunya ada prioritas bagi para jamaah yang lanjut usia, di mana mereka dipisahkan jika mereka mengalami kelelahan didalam melaksanakan kegiatan ibadah haji ini nantinya. Sejauh ini untuk persiapannya sendiri, alhamdulillah terkait koordinasi yang kita lakukan ini hampir 100 persen.

“Terkait sumber daya manusia untuk mendampingi para jamaah, dimana itu kan sudah memang melewati tahap seleksi yang cukup panjang, jadi sudah melakukan bimbingan teknik, dan saya kira mereka sudah sangat konfiden dan sudah sangat shuttle,”tandasnya. (Yanti)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button