CAHAYA RAMADAN

Tradisi Bulan Suci di Turki (6-Habis) : Ramadhan Bazaar, Bagian dari identitas Budaya Umat Islam di Seluruh Dunia

ASSAJIDIN COM — Ramazan Bazaar adalah sebuah tradisi yang sangat populer di Turki selama bulan suci Ramadhan.

Foto : RCTI Plus

Bazaar ini biasanya terdiri dari berbagai toko dan penjual makanan yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman khas Turki yang hanya ada khusus untuk bulan Ramadhan.

Juga ada penjual yang menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti pakaian, perhiasan, dan barang-barang lainnya.

Tradisi ini dimulai pada masa Ottoman ketika pedagang membuka pasar khusus di bulan Ramadhan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama berpuasa.

Foto : Republika. id

Perayaan Budaya

Kini, tradisi Ramazan Bazaar telah menjadi sebuah perayaan budaya yang sangat penting bagi masyarakat Turki.

Ramazan Bazaar biasanya dibuka setiap malam selama bulan suci Ramadhan dan menjadi tempat berkumpulnya warga setempat dan wisatawan.

Lihat Juga :  Turky Akan Ambil Alih Peran Amerika Di Suriah

Suasana yang meriah dengan penjual dan pengunjung yang bercampur aduk sambil menikmati makanan dan minuman yang dijual di bazar, membuat tradisi ini sangat menyenangkan dan dinikmati oleh banyak orang.

 

Foto : RCTI Plus

Bazar Pemerintah 

Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, biasanya pemerintah Turki menyelenggarakan bazar yang disambut baik oleh masyarakat Turki. Bazar ini menjadi salah satu tradisi Ramadhan di Turki yang paling ditunggu.

Bazar Ramadhan tersebut biasanya berisikan penjualan buku-buku Islami, lukisan bertema Ramadhan, kerajinan keramik dan masih banyak lagi lainnya.

Tak hanya itu, pada acara ini juga digelar acara-acara yang seru, salah satunya adalah kajian Islam yang dilakukan oleh tokoh agama.

Lihat Juga :  Berita Foto : Mesaharaty, Tradisi Membangunkan Sahur di Mesir 
Tempat makan di Bazar Ramadhan Turki. (Foto : RCTI Plus)

Sudut Kota

Bazar Ramadhan di Turki juga sangat terkenal dengan berbagai hidangan khas Turki yang dijual di setiap sudut kota.

Tradisi makanan dan Bazar Ramadhan merupakan bagian dari kegiatan sosial dan budaya yang sangat penting bagi umat Islam di seluruh dunia.

Melalui tradisi makanan dan Bazar Ramadhan, umat Islam dapat berkumpul bersama keluarga dan teman-teman untuk berbuka puasa dan menyambut bulan suci Ramadhan dengan penuh kebahagiaan.

Semoga tradisi makanan dan Bazar Ramadhan ini tetap dapat dilestarikan dan menjadi bagian dari identitas budaya umat Islam di seluruh dunia. (Dari berbagai sumber)

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button