ALFURQON SCHOOLCAHAYA RAMADAN

Hidupkan Semangat Berbagi dan Kepedulian, SMA IT Al Furqon Palembang Gelar Bakti Sosial dan Takjil On The Road

ASSAJIDIN.COM –SMA Islam Terpadu Al Furqon Palembang menggelar Bakti Sosial dan Takjil On The Road dengan tema “Bulan Suci Ramadhan Mengajak Kita Untuk Menghidupkan Semangat Berbagi dan Kepedulian”, Kamis (28/3/2024).

Kepala SMA Islam Terpadu Al Furqon Mahyudi,MPd mengatakan, SMA IT Al Furqon Palembang hari ini mengadakan kegiatan Bakti Sosial dan Takjil On The Road.

“Untuk bakti sosial, kita salurkan ke masyarakat yang merupakan hasil infak dan juga sedekah dari wali murid dan ada juga zakat mal orang tua yang mengamanahkan ke kami untuk dibagikan kepada yang membutuhkan. Alhamdulillah sudah terkumpul sekitar Rp 30 jutaan lebih. Dan Alhamdulillah lebih banyak dari tahun sebelumnya,” ujarnya.

“Alhamdulillah kepedulian wali murid dan siswa sangat tinggi terhadap kegiatan bankti sosial ini. Hari ini kami salurkan kepada masyarakat di sekitar kita yang kurang mampu dan dhuafa. Kemudian kita berikan juga kepada panti asuhan berupa parcel sembako. Untuk parcel sembako ini dari hasil siswa terkumpul parcel sembako itu 22 lebih paket. Sedangkan dari paket sembako dan sedekah ini kami berikan sebanyak 150 paket. Dan ada juga kami berikan berupa uang kepada masyarakat kurang mampu, kemudian kepada kepada lembaga Yasma, kami berikan juga ke sana sebagian lagi. Jadi memang penyalurannya kita distribusikan ke berbagai tempat dan lembaga,” terang Mahyudi.

 

Lebih lanjut Mahyudi mengungkapkan, kegiatan Bakti Sosial ini adalah kegiatan rutin SMA IT Al Furqon Palembang setiap tahun di bulan Ramadan. “Jadi di bulan Ramadan kita berikan infak sedekah untuk masyarakat yang kurang mampu, yang membutuhkan,” ucapnya.

Lihat Juga :  Halal Bi Halal, SIT Al Furqon Gelar Tausiyah Bersama Ustad Lukmanul Hakim

 

“Harapan kita yang pertama adalah ini menjadi kegiatan ladang amal ibadah buat orang tua siswa anak-anak murid kita. Kemudian yang kedua mengajarkan edukasi kepada siswa bagaimana menyisihkan dan kepedulian. Ketiga sebagai bentuk rasa syukur kita atas nikmat yang Allah berikan kepada kita SMA Al Furqon apalagi di tahun ini luar biasa pencapaian sekolah mulai dari jumlah siswa yang begitu banyak diterima di Perguruan Tinggi melalui jalur SNBP. Kemudian penerimaan siswa baru kita juga tidak diduga sampai kita membuka kuota tambahan. Jadi kegiatan ini juga bentuk tasyakuran kita rasa syukur kita karena Allah menambah nikmatnya kepada SMA IT Al Furqon. Semoga kedepan SMA IT Al Furqon dapat melakukan lebih banyak kegiatan berbagi kepada masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Nanda Yuliandini SPd menambahkan, kegiatan Bakti Sosial ini dilaksanakan setiap tahun di bulan Ramadhan.

“Untuk paketnya itu Alhamdulillah kita menyediakan 150 paket dengan rincian untuk 100 paket kita sebarkan ke eksternal di wilayah Palembang dan 50 paketnya itu kita bagikan di wilayah di lingkungan SMA IT Al Furqon seperti sekitar sini,” bebernya.

Dia menjelaskan, untuk isi paketnya itu sembako ada yakni

internal (50 Paket), rincian isi paket
1. Beras 5 kg (250 kg)
2. Mie Goreng 5 bks (250 bks)
3. Gula pasir 1 kg (50 kg)
4. Susu Enak 1 kaleng (50 kaleng)
5. Gandum 1 kg (50 kg)
6. Minyak sayur 1 kg (50 liter)
7. Teh poci 1 kotak (50 kotak)
8. Sirup ABC Squash 1 botol (50 botol)
9. Kardus Parsel 8000 (50 kardus)

Lihat Juga :  Laksan Kuah Susu Cocok Untuk Berbuka Puasa Aman Kolesterol, ini Resepnya

Eksternal (100 paket) rincian isi paket:
1. Mie goreng 5 bks (500 bks)
2. Gandum 1 kg (100 kg)
3. Susu Enak 1 kaleng (100 kaleng)
4. Gula pasir 1 kg (100 kg)
5. Sarden 1 kaleng kecil (100 kaleng)
6. Kecap manis ABC 1 refil (100 bks)
7. Minyak 1 kg (100 liter)
8. Sirup ABC Squash 1 botol (100 botol)
9. Kardus Parsel 8000 (100 kardus)

Untuk sistem Pendistribusian Baksos dilaksanakan jam 8 pagi, rute pendistribusian pertama adalah menuju beberapa panti diantaranya Panti Asuhan Qiyamul Lail, Panti Asuhan Jamik As Sholihin (Jl. Mandi Api Ujung), Panti Asuhan Masiun (Jl. Sukabangun II), Panti Asuhan Al Barraq Palembang (Jl. Pupuk 4 Sako Baru).

Untuk distribusi sembako ke panti, menggunakan sembako yang sudah dijadikan paket parsel oleh masing-masing kelas.
Untuk distribusi baksos selain dari panti, kita akan mendistribusikan paket sembako ke beberapa lokasi, diantaranya daerah Sukarno Hatta – Musi 2, daerah KM 9 – Sudirman dan daerah Jakabaring. Sedangkan sorenya dilaksanakan takjil on the road sekitar Jalan Kol. Burlian, Sukabangun II dan Asrama Haji.

 

“Harapannya kita semakin semangat dalam berlomba-lomba dalam kebaikannya melakukan infak terbaiknya. Mudah-mudahan dengan penyaluran ini Allah membersihkan harta kita memberikan keberkahan dalam harta kita. Dan harapannya itu Allah lipat gandakan apa yang sudah kita berikan kepada orang yang membutuhkan itu apalagi di bulan Ramadan,” pungkasnya. (Yanti)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button