CAHAYA RAMADAN

Dorong Penguatan Ekosistem Halal, UKB-Pemprov Sumsel Gelar Halal Fair 2024

ASSAJIDIN.COM –Universitas Kader Bangsa (UKB) Palembang bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) terus mendorong penguatan ekosistem halal di Indonesia. Hal ini ditandai dengan digelarnya Halal Fair 2024 yang diprakarsai Fakultas Ekonomi UKB di kampus Jalan Mayjend Ryacudu Palembang, Selasa (26/3/2024).

Halal fair 2024 dalam momen special Ramadhan 1445 H ini berlangsung selama tiga hari mulai dari tanggal 26-28 Maret 2024. Kegiatan resmi dibuka Rektor UKB, Dr dr Fika Minata Wathan, M.Kes didampingi Wakil Rektor I, Dr Hendra Sudrajat,SH,MH, Dekan Fakultas Ekonomi, Abdullah Rasjid, SE,M.Si dan Kaprodi S1 Manajemen, Sopian,SE,MM. Hadir juga Pj Gubernur Sumsel, Dr Agus Fatoni,MSi yang diwakilkan Asisten III Bidang Administrasi dan Umum, Kurniawan AP.M.Si, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sumsel Ir H Amiruddin, M.Si, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sumsel, Ir Ruzuan Efendi MM dan sejumlah unsur muspida lainnya.

Dalam kesempatan itu, UKB-Pemprov Sumsel menyiapkan tempat dan belasan tenda gratis bagi para UMKM yang ingin memasarkan produk halalnya tanpa dipungut biaya sepeserpun. Berbagai jenis produk baik barang atau jasa ditawarkan di pojok UMKM tersebut. Mulai dari berbagai macam kuliner makanan dan minuman, aksesoris kerajinan dan lainnya, hingga jasa konsultasi kesehatan dari pakar di bidangnya.

Lihat Juga :  Tradisi Ramadhan di Arab Saudi (6) : Dentuman Meriam Ramadhan Pertanda Berbuka Puasa

Rektor UKB, Dr dr Fika Minata Wathan, MKes dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan tersebut. Hal ini sebagai wujud sinergitas yang dibutuhkan, sekaligus mendorong penguatan ekosistem halal. “Kita bersama Pemprov Sumsel menyediakan tempat para UMKM untuk bisa meramaikan kegiatan Halal Fair 2024 ini, “ ungkapnya.

Rektor juga berharap kegiatan tersebut dapat menjadi agenda tahunan yang bermanfaat bagi masyarakat khususnya pelaku usaha di sektor UMKM dengan produk halalnya. Sekaligus juga sebagai upaya pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, baik pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. “Seperti saja mata kuliah entrepreneurship atau kewirausahaan. Kita mendorong agar mata kuliah tersebut tidak hanya sekedar teori namun juga bisa langsung praktek. Dengan gerai UMKM di Halal Fair ini juga dapat membantu karena kita memberi ruang untuk praktek berjualan,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten III Bidang Administrasi dan Umum, Kurniawan AP.M.Si yang mewakili Pj Gubernur Sumsel menegaskan penguatan ekosistem halal akan terus didorong seperti di Sumater Selatan. Apalagi Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia yang juga menjadi salah satu negara konsumen produk halal terbesar di dunia. “Tahun ini kita wajibkan semua produk baik barang dan jasa. Yakni penggiat UMKM juga menjual produk yang halal dan sehat, “ ucapnya.

Lihat Juga :  Tradisi Ramadhan di Arab Saudi (5) : Bukber dan Sahur Bersama di Masjid

Dalam hal ini, Pemprov Sumsel jelasnya terus berkomitmen untuk mendukung UMKM dan terus melakukan pembinaan kepada UMKM di Sumsel. Dimana pihaknya terus mempercepat transformasi UMKM informal ke formal dan menciptakan lebih banyak lagi UMKM-UMKM yang dapat naik kelas. “Salah satunya dengan sertifikasi halal. Hal ini bisa mendorong konsumen lebih tenang dan nyaman dalam mengonsumsi produk-produk UMKM, “ tutupnya.

Diakhir acara, jajaran Pemprov Sumsel-UKB meninjau stan-stan UMKM yang ada di pelataran parkir kampus UKB. Berbagai masukan terkait UMKM juga disampaikan mulai dari rasa, kemasan, pemasaran hingga sektor pendanaan bagi UMKM. Termasuk juga pendampingan dan pembinaan yang terus menerus terhadap pelaku usaha UMKM tersebut.

Sejumlah pelaku usaha UMKM yang hadir merasa senang dan terbantu, apalagi fasilitas yang diberikan cukup baik dan gratis. “Kami senang bisa berjualan disini apalagi gratis. Semoga saja bisa ramai terus dan jualan kami bisa laku semua,” ucap mereka.(Yanti)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button