KELUARGA

Doa Menyambut Bulan Puasa Ramadhan dari Prof Quraish Shihab

AsSAJIDIN.COM —  Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan ampunan. Sejatinya, bulan mulia ini dinanti-nanti oleh umat Islam di seluruh dunia. Pasalnya, di bulan Ramadhan umat Islam menjalankan ibadah puasa, shalat tarawih dan witir, tadarus Al-Qur’an dan mengerjakan berbagai amalan lainnya.

Salah satu amalan yang dianjurkan untuk menyambut bulan Ramadhan adalah memanjatkan doa. Doa menyambut bulan puasa ini merupakan wujud permohonan kepada Allah SWT agar dimudahkan dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan dan mendapatkan pahala yang berlimpah.

Lebih dari itu, doa ini dimaksudkan agar kelak berjumpa dengan bulan Ramadhan dan mampu menjalankan amalan kebaikan di dalamnya. Prof Quraish Shihab, seorang pakar tafsir Al-Qur’an dan cendekiawan Muslim Indonesia, dalam buku Doa Harian Bersama Quraish Shihab, telah membagikan doa menyambut Ramadhan yang bisa diamalkan oleh umat Islam.

Doa ini berisi permohonan agar Allah SWT membersihkan hati, melapangkan dada, dan mengantarkan umat Islam kepada bulan Ramadhan dengan penuh iman dan kesehatan.

Lebih lanjut, doa ini juga memohon agar Allah SWT memberikan kekuatan untuk menjalankan ibadah puasa, shalat tarawih, dan amalan lainnya dengan penuh keikhlasan dan kesabaran.

Lihat Juga :  Uang, Bukan Segalanya Dalam Mengharungi Hidup Ini

Selain itu, doa ini memohon agar Allah SWT menerima amal ibadah umat Islam dan mengampuni dosa-dosa mereka. Berikut teks doa tersebut dalam bahasa Arab, serta dilengkapi latin dan terjemahannya secara lengkap;

ad اللَّهُمَّ هَا هُوَ شَهْرُ الصِّيَامِ قَدْ أَقْبَلَ عَلَيْنَا بِنُوْرِهِ وَضِيَائِهِ وَخَيْرِهِ وَبَرَكَاتِهِ فَوَفِّقْنَا وَتَقَبَّلْ مِنَّا صِيَامَ نَهَارِهِ وَقِيَامَ لَيَالِيْهِ وَأَوْزِعْنَا أَنْ نَعْمَلَ صَالِحًا فِيْمَا تُحِبُّ وَتَرْضَى آنَاءَ اللَّيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ … اللَّهُمَّ زَكِّ نُفُوْسَنَا وَطَهِّرْ أَعْمَالَنَا بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ … اللَّهُمَّ إِنَّ لَكَ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ لَيَالِي شَهْرِ رَمَضَانَ نَفَحَاتٍ وَمَوَاهِبَ وَعَطِيَّاتٍ فَاللَّهُمَّ امْنَحْنَا مِنْهَا يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ، وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Allahumma hâ huwa syahru shiyâmi qad aqbala ‘alainâ binûrihi wa dhiyânihi wa khayrihi wa barakâtihi, fawaffiqnâ wa taqabbal minnâ shiyâma naharihi wa qiyâma layalihi wa awzi’nâ an na’mala shâlihan fîmâ tuhibbu wa tardha anaa’a al-layli wa aathrâfa an-nahâri… Allahumma zakki nufûsanâ wa thahhir a‘mâlanâ birahmatika yaa arhamar rahîmîna… Allahumma inna laka fi kulli laylatin min layali syahri Ramadhâna nafhâtin wa mawahibin wa ‘athâyât, fallahumma amnuhnâ minhaa yaa rabb al-‘âlamîn, wa shalli ‘alaihi wa ‘alâ âlihi wa shahbihi wa sallam.

Lihat Juga :  "Harpitnas" ASN dan Honorer Pemkot Palembang Dilarang Meliburkan Diri

Artinya: “Ya Allah, inilah bulan Ramadhan telah datang kepada kami dengan membawa cahayanya, sinarnya, kebaikannya, dan keberkahannya. Maka berilah kami taufik dan terimalah puasa kami di siang harinya dan salat malamnya. Dan limpahkanlah kepada kami agar dapat mengerjakan amal saleh di waktu-waktu yang Engkau cintai dan ridhoi, baik di malam hari maupun di siang hari. Ya Allah, sucikan jiwa kami dan bersihkan amal perbuatan kami dengan rahmat-Mu, wahai Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang. Ya Allah, sesungguhnya Engkau memiliki di setiap malam bulan Ramadhan karunia, anugerah, dan pemberian. Maka ya Allah, limpahkanlah kepada kami karunia itu, wahai Tuhan semesta alam. Dan semoga Allah melimpahkan rahmat dan kesejahteraan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga dan sahabatnya. (Quraish Shihab, Doa Harian Bersama M. Quraish Shihab, [Ciputat: Penerbit Lentera Hati, 2011], Cetakan III, halaman 2).

Sebagai umat Islam, seyogianya kita sambut bulan Ramadhan dengan penuh doa dan harapan. Dengan wasilah doa ini diharapkan bisa mendapatkan berkah, rahmat, dan ampunan dari Allah. Wallahu a‘lam. (*/sumber:nu.or.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button