MOZAIK ISLAM

Berdoalah Sebelum Nyoblos Surat Suara Mohon Pilihan Pemimpin yang Amanah

ASSAJIDIN.COM –– Sebelum menyoblos surat atau memilih, sebaiknya tentukan pemimpin pilihanmu dan berdoa.

Berikut bacaan doa sebelum nyoblos surat suara dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, memilih presiden, wakil presiden, anggota legislatif dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang akan berlangsung Rabu 14 Februari 2024.

Doa dikutip dari laman nu.or.id

Allãhumma lã tusallith ‘alainã bidzunűbinã man lã yakhãfuKa walã yarhamunã.”

Artinya:

Ya Allah ya Tuhan kami, janganlah Engkau kuasakan atas kami, karena dosa-dosa kami, pemimpin yang tidak takut kepadaMu dan tidak mempunyai belas kasihan kepada kami.

Sebelum membaca doa tersebut, awali kalimat doa dengan basmalah dan istighfar

Bismillahirrahmanirrahim yang memiliki arti dengan nama Allah yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang.
Astaghfirullahal adzim

 

Sebelum menyoblos atau memilih, sebaiknya tentukan pemimpin pilhanmu dan berdoa.

Memanjatkan doa memilih pemimpin yang baik ini agar meneguhkan hati bahwa pemimpin yang dipilih kelak adalah pemimpin yang baik, amanah dan bertanggung jawab.

Doa memilih pemimpin agar Allah SWT menghadirkan pemimpin yang baik, harus dibaca sebagai bentuk iktiar dari sisi agama.

Setelah ikhtiar memilih pemimpin dari melihat rekam jejaknya, usaha berikutnya adalah doa.

Lihat Juga :  Ratusan Masyarakat Antusias Tandatangai Dukungan Prabowo - Gibran yang Digelar Restu Indonesia

Doa memilih pemimpin ini dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Berikut Doa memilih pemipin agar tidak salah memilih:

Doa memilih pemimpin agar dihadirkan pemimpin yang baik.

” Allahumma innii astakhiiruka bi ‘ilmika wa astaqdiruka biqudrikawa as aluka min fadllikal ‘ashiimi fa innaka taqdiiru wa laa aqdiru wa ta’lamu wa laa a’lamu wa anta ‘allaamul ghuyuubi.
Allahumma fain kunta ta’lamu anna haadzal amra khairun lii fii diinii wa ma;aasyii wa ‘aaqibati amri faqdurhu lii wa yassirhu lii tsumma baariklii fiihi wa in kunta ta’lamu anna haadzal amra syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amri fash rifnii ‘anhu waqdur liyal khaira haitsu kaana tsumma radh dhinii bih.”

 

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu pilihan yang terbaik bagiku menurut ilmu-Mu.

Aku memohon kepada-Mu kekuatan dengan kekuasaan-Mu dan aku memohon dengan kekuasaan-Mu dan aku memohon dengan karunia-Mu yang besar karena Engkaulah yang Mahakuasa, sedang aku tidak memiliki kekuasaan apapun.

Engkaulah yang Maha Mengetahui, sedang aku tidak mengetahui sama sekali. Dan, Engkaulah yang Maha Mengetahui perkara yang ghaib.

Ya Allah, jika memang perkara yang Engkau tentukan ini baik bagiku, dalam urusan agama dan kehidupanku serta akibat urusanku, maka takdirkanlah ia untukku dan mudah-mudahan ia untukku.

Lihat Juga :  Ramah dan Penuh Senyum, Tips Menjadi Pengelola Informasi dan Data yang Baik

Dan, berilah aku berkah dengannya. Namun, jika perkara itu buruk bagiku (karena Engkau Maha Mengetahui) dalam agamaku dan kehidupanku serta dampak urusanku, maka hindarkanlah aku darinya. Takdirkanlah kebaikan untukku dimana saja adanya. Lalu, jadikanlah hatiku meridhainya.”

Salat Istikharah

Rasulullah SAW juga memberikan petunjuk kepada setiap muslim yang didahapkan pada beberapa pilihan.

Agar seseorang mendapatkan pilihan yang baik dan diridoi Allah SWT, dianjurkan untuk melakukan shalat Istikharah.

Shalat Istikharah adalah shalat sunnah yang dikejrakan ketika seseorang dihadapkan pada dua atu lebih pilihan yang sulit, mendesak, atau berat.

Dalil anjuran shalat Istikharah, didasarkan pada hadits Shahih Bukhari menjelaskan:

Dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu‘anhuma, ia berkata bahwa Rasulullah SAW mengajarkan kami cara mengerjakan sholat istikharah dalam segala urusan, sebagaimana beliau mengajarkan kami Surat Alquran.

Rasulullah bersabda: ” Jika salah seorang di antara kalian hendak melakukan sesuatu, hendaklah terlebih dahulu mengerjakan sholat dua rakaat selain sholat fardlu…” (HR. Ahmad, Al-Bukhari, Ibn Hibban, Al-Baihaqi dan yang lainnya). (*/sumber: tribunsumsel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button