MOZAIK ISLAM

Makna Doa Salamatan Fiddin

 

AsSAJIDIN.COM — Doa Salamatan Fiddin memiliki makna dan pengertian yang mendalam. Dalam buku berjudul “Ibadah Tanpa Beban” (2015) oleh M.S. Hidayatullah ini bacaan doa Salamatan Fiddin lengkapnya:

 

اَللّٰهُمَّ اِنَّانَسْئَلُكَ سَلَامَةًفِى الدِّيْنِ، وَعَافِيَةًفِى الْجَسَدِوَزِيَادَةًفِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةًفِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةَقَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةًعِنْدَالْمَوْتِ وَمَغْفِرَةًبَعْدَالْمَوْتِ،اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِيْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ، وَنَجَاةًمِنَ النَّارِوَالْعَفْوَعِنْدَالْحِسَابِ

Allahumma inna nasaluka salamatan fiddiin, wa ‘afiyatan fil jasad, wa ziyadatan fil ‘ilmi, wa barokatan firrizqi, wa taubatan qoblal maut, warohmatan ‘indal maut, wa maghfirotan ba’dal maut, Allahumma hawwin ‘alaina fii sakarotil maut, wa najaatan minannari, wal ‘afwa ‘indal hisab.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada Engkau akan keselamatan Agama dan sehat badan, dan tambahnya ilmu pengetahuan, dan keberkahan dalam rizki dan diampuni sebelum mati, dan mendapatkan rahmat waktu mati dan mendapat pengampunan sesudah mati. Ya Allah, mudahkanlah bagi kami waktu (sekarat) menghadapi mati, dan selamatkanlah kami dari siksa neraka, dan pengampunan waktu hisab.”

Lihat Juga :  Sesama Islam Haruslah Saling Melindungi

Doa Salamatan Fiddin berisi permohonan kepada Allah SWT agar diberikan keselamatan dalam agama, kesehatan tubuh, peningkatan ilmu pengetahuan, keberkahan dalam rezeki, taubat sebelum mati, rahmat saat menjelang kematian, ampunan setelah mati, serta kemudahan saat menghadapi sakaratul maut, keselamatan dari api neraka, dan ampunan di saat perhitungan amal.

 

“Allahumma inna nas aluka salamatan fiddin” adalah sebuah kalimat doa Salamatan Fiddin yang memiliki arti permohonan keselamatan kepada Allah SWT. Dalam doa ini, umat Muslim memohon perlindungan dan keamanan dalam menjalankan agama Islam. Umat Muslim berharap agar Allah SWT memberikan keselamatan dan perlindungan dalam menjalankan ibadah serta menjaga keimanan dan keislaman mereka.

Lihat Juga :  Perbanyaklah Amalan di Bulan Rajab

Dalam buku berjudul “Pilar-Pilar Kebahagiaan” (2016) yang disusun oleh Arif Apriansyah dan Muhajir, doa Salamatan Fiddin adalah permohonan kepada Allah SWT untuk menyelamatkan iman Islam dan memohon agar kehidupan seseorang selalu diliputi oleh kesehatan yang bermanfaat. Ini harapan agar iman dan keyakinan tetap terjaga serta kehidupan tetap sehat secara fisik, mental, dan spiritual.

Doa Salamatan Fiddin pada intinya mengandung makna penting dalam memperoleh keselamatan secara menyeluruh. Umat muslim yang membacanya, memohon taubat sebelum mati, rahmat saat menjelang kematian, serta ampunan setelah mati. Doa ini memperlihatkan kerendahan hati umat Muslim yang mengakui kesalahan dan memohon ampunan Allah SWT sebagai bentuk persiapan menghadapi kehidupan akhirat. (*/sumber: liputan6.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button