SYARIAH

Tiga Ayat Alquran Tentang Keutamaan Berbuat Baik

ASSAJIDIN.COM — Tiga ayat Alquran di bawah ini menjelaskan tentang keutamaan berbuat baik.

1. Pahala dilipatgandakan

Al Quran surat Al Baqarah : 261

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Artinya:
“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS Al Baqarah : 261)

Lihat Juga :  Kekuatan Doa Bismillahi Majreha wa Mursaha Inna Lagafururrahim

2. Berbuat baik akan dibalas dengan kebaikan pula

Surat Ar Rahman ayat 60
هَلْ جَزَاءُ الْإِحْسَانِ إِلَّا الْإِحْسَانُ

Artinya: “Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula).” (QS Ar-Rahman : 60)

3. Pakai akal tinggalkan berbuat buruk

Surat Al Maidah ayat 100

قُلْ لَا يَسْتَوِي الْخَبِيثُ وَالطَّيِّبُ وَلَوْ أَعْجَبَكَ كَثْرَةُ الْخَبِيثِ ۚ فَاتَّقُوا اللَّهَ يَا أُولِي الْأَلْبَابِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Artinya:

“Katakanlah: “Tidak sama yang buruk dengan yang baik, meskipun banyaknya yang buruk itu menarik hatimu, maka bertakwalah kepada Allah hai orang-orang berakal, agar kamu mendapat keberuntungan”. (QS Al Maidah : 100).

Lihat Juga :  Rukun Iman Ada Enam Lengkap Urutan, Penjelasan dan Maknanya 

Jangan merasa ragu untuk selalu berbuat baik, sekecil apapun itu. Setiap langkah baikmu berarti dan Allah SWT pun telah menjanjikan balasan untuk setiap kebaikan yang dilakukan oleh manusia. Semoga kutipan ayat-ayat Al-Qur’an di atas bisa menginspirasi kita semua untuk selalu berbuat baik.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button