KELUARGA

Bacaan Doa agar Keluarga Selalu Diberikan Berkah

AsSAJIDIN.COM — Keluarga adalah landasan kuat dalam kehidupan setiap orang. Keluarga menjadi tempat seseorang merasa diterima, dicintai, dan diberikan dukungan dalam segala situasi.

Keluarga juga merupakan anugerah yang berharga. Maka itu, menjaga harmoni dalam hubungan keluarga adalah satu di antara tujuan utama dalam hidup.

Terlebih lagi, kita semua berharap agar keluarga kita senantiasa diberkahi oleh Yang Maha Kuasa, dengan kebahagiaan, kesehatan, dan keberlimpahan rezeki.

Dalam upaya menjaga dan meningkatkan keberkahan dalam keluarga, doa menjadi satu di antara sarana spiritual yang paling berharga.

Doa adalah bentuk komunikasi langsung seorang hamba dengan Tuhan Yang Maha Esa, tempat kita dapat merenungkan keinginan dan harapan kita bagi keluarga kita.

Ini adalah jalan untuk memohon kepada Allah Swt. agar keluarga kita selalu diberikan keberkahan dalam segala aspek kehidupan.

Berikut bacaan doa agar keluarga selalu diberikan berkah, disadur dari Dream, Senin (4/9/2023).

Doa agar Keluarga Dilimpahi Kasih Sayang

Anggota keluarga yang saling menyayangi menjadi kunci untuk mencapai keluarga yang harmonis. Baik itu antara suami kepada istri atau sebaliknya. Lalu, orang tua kepada anak-anaknya atau sebaliknya.

Berikut adalah bacaan doa agar keluarga dilimpahi kasih sayang dalam surah Taha ayat 39:

 

Wa alqaytu ‘alayka makhabbatan minnii walitushna’a ‘alaa ‘aynii.

Artinya: “Dan Aku telah tanamkan dari kemurahan-Ku perasaan kasih sayang orang terhadapmu, dan supaya engkau dibela dan dipelihara dengan pengawasan-Ku.” (QS. Taha ayat 39)

Doa agar Menjadi Keluarga yang Sakinah

Keluarga yang sakinah adalah keluarga yang saat mendapatkan sesuatu kurang baik, maka perasaan dan lidahnya akan dijaga agar tidak melakukan hal-hal yang tidak baik agar hubungan keluarga tersebut tetap bisa harmonis.

Lihat Juga :  SUATU SAAT KITA AKAN MENINGGALKAN MEREKA JANGAN MAINKAN SEMUA PERAN

Berikut adalah bacaan doa agar menjadi keluarga yang sakinah, sebagaimana tercantum dalam surah Al-Furqan ayat 74:

Rabbana hablana min azwaajina wa dzurriyyatina qurrata a’yuniw waj’alna lil muttaqiena imaamaa.

Artinya: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami, pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami sebagai imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al-Furqan ayat 74)

Siapa yang tak ingin memiliki keluarga yang selalu diselimuti dengan ketenangan? Hampir setiap keluarga pasti menginginkannya. Ketenangan itulah yang akan membuat hidup terasa damai.

Nah, hal itu bisa didapatkan dengan mengamalkan doa berikut ini:

 

Allahumma inni asaluka nafsan bika muthmainnah, tu’minu biliqoika wa tardho bi qodhoika wataqna’u bi ’athoika.

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang tenang, yang percaya dengan pertemuan dengan-Mu dan menerima apa yang menjadi anugerah-Mu dan rela terhadap ketentuan-Mu.”

Doa agar Rumah Tangga Diberikan Keberkahan

Bagi seorang muslim, keberkahan adalah hal yang sangat diharapkan kehadirannya dalam sebuah rumah tangga. Keberkahan itulah yang akan membuat hidup menjadi lebih bermakna, penuh syukur, dan pastinya terasa menenangkan.

Berikut adalah bacaan doa agar rumah tangga diberikan keberkahan:

Allâhumma bârik lî fî ahlî wa bârik lahum fiyya warzuqnî minhum warzuqhum minnî. Allâhummajma’ bainanâ mâ jama’ta ilâ khairin wa farriq bainanâ idzâ farraqta ilâ khairin.

Lihat Juga :  Mengapa Makan dan Minum Berdiri Dilarang dalam Hadist Nabi?

Artinya: “Ya Allah, berkahilah aku di dalam keluargaku dan berkahilah mereka di dalam diriku. Berilah aku rezeki dari mereka dan berilah mereka rezeki dariku. Ya Allah, kumpulkan kami menuju kebaikan dan pisahkan kami bila Engkau pisahkan menuju kebaikan.”

 

Hidup berkeluarga akan terasa sempurna ketika rezekinya selalu dimudahkan oleh Allah Swt. dan diberikan kebahagiaan.

Selain berikhtiar, jangan lupa untuk mengamalkan doa berikut ini yang terdapat di dalam surah Al-Maidah ayat

Allohumma robbanaaa angzil ‘alainaa maaa-idatam minas-samaaa-i takuunu lanaa ‘iidal li-awwalinaa wa aakhirinaa wa aayatam mingka warzuqnaa wa angta khoirur-rooziqiin.

Artinya: “Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yang sekarang bersama kami ataupun yang datang setelah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; berilah kami rezeki, dan Engkaulah sebaik-baik pemberi rezeki.” (QS. Al-Ma’idah: 114)

Doa agar Keluarga Dimudahkan Segala Urusannya

Setiap urusan yang dihadapi memiliki tingkat kerumitan yang berbeda-beda. Namun, hal itu bukan berarti tidak memiliki jalan keluar.

Di samping berusaha, iringilah dengan membaca doa agar keluarga selalu dimudahkan urusannya berikut ini yang tercantum dalam surah Al-Kahfi ayat 10:

Robbanaaa aatinaa mil ladungka rohmataw wa hayyi lanaa min amrinaa rosyadaa.

Artinya: “Ya Tuhan Kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami.” (QS. Al-Kahf: 10)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button