DUNIA ISLAMINTERNASIONALMOZAIK ISLAM

Tempat Wisata di Arab Saudi (15) : Jabal Rahmah, Tempat Suci yang Kental dengan Nilai Sejarah

ASSAJIDIN.COM — Jabal Rahmah adalah tempat yang romantis. Di sinilah tempat Nabi Adam bertemu dengan Siti Hawa untuk pertama kalinya setelah diusir dari surga.

Jabal Rahmah berbentuk bukit batu setinggi 70 meter dengan sebuah tugu pada bagian puncaknya. Karena kental dengan nilai sejarah, tempat ini selalu ramai pengunjung.

Jabal Rahmah (Foto: Amwindo.com)

Bukit ini bisa didaki dengan melewati sekitar 160-an anak tangga. Mendaki bukit ini dari dasar hingga mencapai tugu Adam dan Hawa biasanya hanya menghabiskan waktu sekitar 15 menit saja.

Dari puncak bukit, pemandangan Padang Arafah dapat terlihat jelas. Pegunungan tandus serta kemah-kemah jamaah haji yang berwukuf di sana.

Di Jabal Rahmah pula Nabi Ibrahim diuji cintanya, untuk melaksanakan ketentuan Allah mengorbankan anak lelaki yang sangat lama dirindukan kelahirannya.

Di bukit itu, ia yakin bahwa mimpi yang ia alami tiga kali berturut-turut itu benar-benar merupakan perintah Allah SWT. Pengorbanan luar biasa inilah yang membuat leluhur para nabi ini mendapat gelar khalilullah atau kekasih Allah.

Foto: (Meliyanti Setyorini/detikcom)

Gembira dan Bersedih

Bagi Nabi Muhammad, Jabal Rahmah menjadi tempat terakhir turunnya ayat Al-Qur’an. Ketika kembali ke Madinah, Rasulullah SAW menyampaikan turunnya Surat Al-Maidah ayat 3 yang mengabarkan bahwa Islam sudah sempurna.

Lihat Juga :  Adab dan Nasihat Menyebarluaskan Video Dakwah

Para sahabat menyambut gembira kabar tersebut, kecuali dua orang sahabat paling utama, yakni Abu Bakar dan Umar bin Khattab yang malah bersedih.

Ketika pulang ke rumahnya, Abu Bakar menangis sejadi-jadinya, menyadari bahwa Rasulullah, pemimpin yang sangat dicintainya itu tidak akan membersamainya dalam waktu lama lagi.

Para sahabat lain, ketika menyadari hal itu kemudian menangis bersama di rumah Abu Bakar.

 

Jabal Rahmah jadi lokasi favorit jemaah haji untuk wukuf. (Foto : wartakota.tribunnews.com)

Rukun haji

Selama Hari Arafah, jamaah haji berada di Arafah untuk melaksanakan rukun haji yang paling penting, yaitu berkumpul di Padang Arafah.

Jabal Rohmah menjadi salah satu lokasi yang dikunjungi di Arafah. Sebelumnya jamaah haji melewati tempat miqat yang lokasinya di luar kota Mekkah.

Arafah menjadi momen di mana jamaah haji dari berbagai negara, budaya, dan latar belakang bersatu dalam ibadah.

Hal ini mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam agama Islam serta mengingatkan manusia akan akhirat dan kehidupan setelah mati.

Jamaah berkumpul di sana untuk berdoa, berzikir, membaca Al-Quran, dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

Mereka merenungkan betapa pentingnya keberadaan mereka di hadapan Allah, memohon pengampunan dosa dan memperbaiki hubungan dengan Sang Pencipta.

Lihat Juga :  Menag Pastikan Seluruh Jemaah Berangkat ke Arafah dan Terlayani Baik

Berkumpul di Arafah memiliki nilai spiritual yang tinggi dalam agama Islam. Dalam hadis, Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut hari Arafah sebagai “puncak” dan “hari keberkahan.”

Bukit ini menawarkan panorama yang memukau dengan pemandangan yang menakjubkan. Dikelilingi oleh padang pasir yang luas, Jabal Rohmah menciptakan suasana yang menenangkan dan memanjakan mata para pengunjungnya.

Keindahan alam yang spektakuler ini menghadirkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para jamaah umrah.

Al Rawda Umm Al Qura Hotel. (Tripadvisor.co.id)

Hotel

Ada banyak hotel dekat Jabal Rahmah. Di antaranya sebagai berikut :

1. Four Points by Sheraton Makkah Al Naseem

2. Park Inn by Radisson Makkah Al Naseem

3. Park Inn by Radisson Makkah Aziziyah

4. Millennium Makkah Al Naseem

5. Al Rayyan Makkah Towers Hotels

6. Millennium Makkah Al Naseem

7. Al Tawfiq Plaza Hotel

8. Kunooz Al Aziziyah Hotel

9. Reefaf Al Sultan Hotel Makkah

10. Al Waleed Tower

11. Wirgan Hotel Al Azizyah

12. Najma Diwaniah

.13. Afraa Hotel

14. Elaf Al Salam Hotel

15. Al Waleed Tower Hotel

16. Al Rawda Umm Al Qura Hotel

 

(Dari berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button