HAJI & UMROH

IPHI Bertekad Menjadi Haji Mabrur Sepanjang Hayat,

ASSAJIDIN.COM — Penjabat Gubernur Sumsel Dr Drs H A Fathoni, M.Si yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Sumsel Pemerintahan, Hukum dan Politik Drs H Koimudin, S.H., MH menghadiri serta membuka secara resmi kegiatan Musyawarah Wilayah ( MUSWIL) Ikatan Haji Indonesia (IPHI) Provinsi Sumsel.

Adapun tema yang diambil dalam kegiatan ini yakni “Haji mabrur sepanjang hayat dengan MUSWIL IPHI provinsi Sumsel kita mantapkan peran haji dalam pembangunan bangsa”, di mana kegiatan ini sendiri dipusatkan di aula Puri Kembang Dadar kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Sumsel, Rabu (17/1/2024).

Turut hadir di dalam kegiatan MUSWIL IPHI Provinsi Sumsel Kepala Kesatuan Politik dan Bangsa Provinsi Sumsel sekaligus ketua IPHI Provinsi Sumsel Dr H M Al Fajri Zabidi, Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Sumsel H Hengky Putrawan, S.Pt., MSI., M.M, Ketua Umum IPHI Pusat H Erman Suparno, Sekretaris Jenderal IPHI pusat H A Bambang Irfanto, Perwakilan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumsel, undangan lainnya, dan para peserta MUSWIL IPHI Sumsel.

Ketua IPHI Pusat H Erman Suparno mengatakan, hari ini penyelenggaraan MUSWIL IPHI Provinsi Sumsel, sebagai ketua pelaksana tugas MUSWIL ini yakni Ketua IPHI Sumsel, dan juga para peserta yang terdiri dari para pimpinan-pimpinan daerah baik di kabupaten/kota IPHI Se Sumsel.Hari ini MUSWIL untuk menetapkan pemilihan kepengurusan baik dari tingkat Dewan Penasihat, Dewan Pembina, Dewan Pengurus Harian, dan lain sebagainya,.

Lihat Juga :  Ihram Haji dan Ihram Umroh inilah Maknanya

“Jadi ini melaksanakan sidang yang formal dengan landasan Anggaran Dasar/Aturan Rumah Tangga (AD/ART) IPHI, dan juga AHU IPHI 811 yang telah disepakati dan disetujui oleh Kementerian Hukum, Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) tanggal 15 Juli 2021,” ujarnya.

Kemudian, sambung dia, pihaknya tekankan bahwa IPHI adalah organisasi kemaslahatan umat.

“Menjelang pemilu, kita tegaskan harus menyongsong dengan damai dalam rangka menyukseskan pemilihan umum (pemilu) tahun 2024. Baik itu Wakil Rakyat di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) maupun eksekutif, kita harus damai apalagi ini adalah organisasi kemaslahatan,” katanya.

“IPHI program unggulannya adalah yang pertama 3 bidang, yakni bidang pendidikan, kesehatan, dan lumbung pangan nasional, dan kita fokus terhadap itu, walaupun terkait dengan masalah penyelenggaraan ibadah haji dan Umroh,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua IPHI Provinsi Sumsel Dr H M Al Fajri Zabidi IPHI mengatakan, ini adalah stakeholder pemerintah untuk membumikan nilai-nilai yang tentunya menjadi visi dan misi dari negara ini. “Kita rangkai negeri ini, kita tentukan negeri ini, kita satukan negeri ini.Karena kita demokrasi, kita pilih demokrasi, dan ciri demokrasi adalah pemilihan dan pemilihan umum, ini tentunya kita kondusif kan melalui tangan-tangan organisasi yang ada di negeri ini termasuk salah satunya adalah IPHI ini,” katanya.

Lihat Juga :  Mau Berangkat Umrah, Ini Rincian Biaya Terbaru

“Artinya apa yang kita tanamkan dan bumi kan adalah nilai-nilai Ketuhanan, nilai-nilai yang terkandung di dalam ibadah itu sendiri, untuk apa outputnya, untuk bangsa dan negara,” tambahnya.

Lebih lanjut dia menuturkan, masalah kuota haji itu lebih kepada kebijakan pemerintah, tetapi kita di IPHI ini adalah membantu terutama apa yang menjadi program daripada Ketua Umum IPHI pusat yakni pendidikan, kesehatan, dan lumbung pangan.

“Kenapa kemarin sempat setop. Namanya organisasi, kemarin itu dipimpin oleh sebelum saya, karena ada hal-hal tentunya yang sifatnya pribadi, maka yang bersangkutan tidak dapat melaksanakan tugasnya. Sehingga melepaskan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pemimpin sebuah organisasi,” tandasnya. (Yanti)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button