NASIONAL

9.700 Linmas Siap Amankan Pemilu 2024

ASSAJIDIN.COM — Lebih dari 9.700 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) atau Linmas akan ikut mengamankan proses Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024 di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Palembang Edwin Effendi mengatakan, petugas Linmas ini akan ditempatkan di setiap TPS setidaknya dua orang.

“Ada 9.700 anggota kita, di antaranya ada Linmas TPS dan ada Linmas khusus binaan Satpol PP 2.085 orang,” katanya, Kamis (11/1/2024).

Edwin mengatakan, Linmas ini dibina dan diarahkan supaya bersifat netral. Terpenting menjaga keamanan dan ketentraman di TPS.

Lihat Juga :  Inilah Merek 156 Obat Sirup untuk Anak yang Diizinkan Kemenkes, Rekomendasi BPOM

“Karena yang bisa masuk hanya ketua KPPS dan pengurusnya juga Linmas,” kata Edwin.

Menurutnya, proses rekrutmen di bawah binaan Satpol PP. Namun semua usulan dari Lurah/ Camat. Hari ini selesai semua proses, mungkin selama ini ada pindah, ada yang sakit dan meninggal.

“Karena jumlahnya banyak ada 9.700an dan belum tentu pada 2024 semuanya siap, kita nilai apakah mereka sehat dengan surat keterangan sehat, diutamakan yang tinggal di wilayah tersebut, jika tidak lurah membuat surat keterangan,” katanya.

Sementara itu, untuk penggajian para petugas Linmas bersumber dari anggaran KPU.

Lihat Juga :  Antisipasi Rabies, Hewan Peliharaan Dipasangi Microchip, ini Tujuannya

“Tapi diangkat berdasarkan usulan lurah yang di SK-kan oleh camat, setelah SK selesai diserahkan ke KPU,” katanya.

 

Reporter : Pitria

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button