MOZAIK ISLAM

Kebaikan Dzikir Hasbiyallah

AsSAJIDIN.COM  –– Agar semua kebutuhan tercukupi, baik kebutuhan kita di dunia maupun kebutuhan akhirat kelak, maka kita dianjurkan untuk membaca dzikir hasbiyallah di waktu pagi dan sore sebanyak sepuluh kali.

Lafadz dzikir hasbiyallah dimaksud adalah sebagai berikut;

حَسْبِيَ اللهُ لِدِيْنِيْ ، حَسْبِيَ اللهُ لِمَا أَهَمَّنِيْ ، حَسْبِيَ اللهُ لِمَنْ بَغَى عَلَيَّ ، حَسْبِيَ اللهُ لِمَنْ حَسَدَنِيْ ، حَسْبِيَ اللهُ لِمَنْ كاَدَنِيْ بِسُوْءٍ ، حَسْبِيَ اللهُ عِنْد َاْلمَوْتِ ، حَسْبِيَ اللهُ عِنْدَ اْلمَسْألَةِ فِيْ القَبْرِ ، حَسْبِيَ اللهُ عِنْدَ اْلمِيْزَانِ ، حَسْبِيَ اللهُ عِنْدَ الصِّرَاطِ ، حَسْبِيَ اللهُ لاَ إِلَهَ إِلَّا هُوَ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَإِلَيْهِ أُنِيْبُ

Hasbiyallaahu lidiinii hasbiyallaahu limaa ahammanii hasbiyallaahu liman baghaa ‘alayya hasbiyallaahu liman hasadanii hasbiyallaahu liman kaadanii bi suu-in hasbiyallaahu ‘indal mauti hasbiyallaahu ‘indal mas-alati fil qobri hasbiyallaahu ‘indal miizaani hasbiyallaahu ‘indash shiraathi hasbiyallaahu laa ilaaha illaa huwa ‘alaihi tawakkaltu wa ilaihi uniibu.

Cukup Allah bagiku sebagai penolong yang menjaga agamaku, cukup Allah bagi sebagai penolong dari sesuatu yang membuatku susah, cukup Allah bagiku sebagai penolong dari orang yang hendak berbuat keji padaku, cukup Allah bagiku sebagai penolong dari orang yang dengki padaku, cukup Allah bagiku sebagai penolong dari orang yang ingin berbuat keburukan padaku, cukup Allah bagiku sebagai penolong ketika mati, cukup Allah bagiku sebagai penolong ketika ditanya di dalam kuburan, cukup Allah bagiku sebagai penolong ketika di mizan, cukup Allah bagiku sebagai penolong ketika di titian, cukup Allah bagiku sebagai penolong, tiada Tuhan selain Dia, kepada-Nya saya pasrah dan kepada-Nya saya kembali.

Lihat Juga :  Melihat Kehidupan Desa Temboro Magetan, Di mana-mana Perempuannya Bercadar, Para Pria Bergamis

Dalam kitab Risalatul Muhammadiyat, Imam Muhammad Zaky Ibrahim menyebutkan sebuah hadis terkait keutamaan dzikir hasbiyallah di atas. Hadis dimaksud diriwayatkan Imam Tirmidzi, bahwa Nabi Saw bersabda;

من دعا بهن وجد الله عنده كافيا مجزيا

Barangsiapa berdoa dengan (dzikir hasbiyallah di atas), maka Allah akan mencukupinya dan membalasnya. (H.R. Tirmidzi)

Berikut hadits lainnya tentang keistimewaan bacaan Hasbiyallah.

HR. Ibnu Sunni
Dikutip dari buku Jangan Sesali Hidup Allah Pasti Menolongmu karangan Abdillah F. Hasan, Rasulullah SAW mengatakan bahwa kalimat Hasbiyallah mujarab untuk memohon pertolongan Allah SWT. Seperti sabdanya yang diriwayatkan Ibnu Sunni berikut.

Lihat Juga :  Shalat Dhuha, inilah Manfaat dan Keutamaannya

“Barangsiapa yang di waktu pagi dan petang mengucapkan ‘Hasbiyallah laaiaha illaahuwa ‘alaihi tawakaltu wahuwa rabbul’arsyil’adhiim,’ (Cukuplah bagiku Allah (sebagai pelindung), Tiada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Dia. Kepadanya-Nya aku bertawakal dan Dia Tuhan Arsy yang Agung), niscaya Allah akan mencukupkan keinginannya di dunia dan akhirat.”

2. HR. Abdillah bin Amr bin Ash
Berikut sabda Rasulullah SAW riwayat Abdillah bin Amr bin Ash yang dikutip dari buku Sastra dan Budaya Lokal (Konstruksi Identitas Masyarakat Banten Dalam Seni Pertunjukan Debus) karangan Syarifaeni Fahdiah.
“Barangsiapa yang membaca tiga kali waktu subuh dan tiga kali waktu sore: Hasbiyallah wani’m al-wakil, niscaya dia senantiasa berada dalam naungan Allah. Allah menutupi kekurangannya sepanjang tidak melakukan dosa besar.”

 

3. HR. Khhuzaimah al-Yamani
Masih dari buku yang sama, berikut sabda Rasulullah SAW riwayat Khhuzaimah al-Yamani tentang keistimewaan kalimat Hasbiyallah.
“Apabila seorang hamba mengucapkan Hasbiyallah tujuh kali maka Allah berfirman: Niscaya akan aku cukupi apakah dia benar atau dusta.” (*/sumber: rumaysho.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button