NASIONAL

Gebyar Sehat Aisyiyah Kota Palembang, Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat akan Pentingnya Kesehatan

ASSAJIDIN.COM- Ratusan peserta mengikuti kegiatan Gebyar Sehat 2023 yang dilakukan oleh Majelis Kesehatan Pimpinan daerah Aisyiyah Kota Palembang, Sabtu (18/11/23) dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke 59,memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan memperingati hari Kesehatan.

Mengangkat Tema Aisyiyah Mendukung Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju, kegiatan di mulai sejak pagi hari hingga selesai.

Pelaksanaa kegiatan ini juga bertepatan dengan milad ke-111 Muhammadiyah sekaligus menjadi momentum untuk meningkatkan semangat, kepedulian, komitmen dan gerakan nyata Aisyiyah dalam pembangunan kesehatan untuk memacu motivasi serta membangkitkan semangat berkontribusi bagi kesehatan masyrakat.

Kegiatan diawali dengan senam bersama pengurus anggota dan kader Aisyiyah Kota Palembang, keseluruhan rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan berupa pemeriksaan dan edukasi kesehatan, skrining kanker payudara dan kanker serviks berupa SADANIS dan iva, Screning CA Mammae dan Servik, Distribusi Tablet FE, obat cacing, vitamin A, Food, Drink dan Masker, Donor Darah dan Pelayanan KB serta berbagai kegiatan lainnya.

Kegiatan ini diadakan sebagai bentuk kepedulian Aisyiyah Palembang terhadap kesehatan masyarakat. “Dengan adanya cek kesehatan gratis ini, diharapkan masyarakat terutama warga Muhammadiyah dan Aisyiyah serta warga sekitaran area perguruan Muhammadiyah Balayudha agar dapat lebih memahami kondisi kesehatan mereka dan melakukan tindakan pencegahan sejak dini,” ujar Ketua Panitia dalam sambutannya, Dr. Sri Yulia S.Kep.

Lihat Juga :  Jemaah Calon Haji Embarkasi Palembang Mulai Masuk Asrama Haji 26 Mei 2023, Fasilitas Khusus Lansia Disiapkan

Kegiatan edukatif ini melibatkan dari berbagai unsur, seperti Perguruan Tinggi Dosen dan Mahasiswa IkesT Muhammadiyah, Stikes Aisyiyah, UNiversitas Muhammadiyah Palembang, UIN Raden Fatah Palembang, Jurusan Keperawatan dari Poltekkes Kemenkes Palembang dari Prodi S1 Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners, S1 Ilmu Kebidanan, D3 Kebidanan dan Keperawatan, D3 Fisioterapi dan Kesehatan Lingkungan, S1 Ilmu Gizi, S1 Sistem Informasi, D3 TLM D3 Manajemen Informasi Rekam Medik dan S1 Farmasi serta teman-teman medis dari RSMP.

“RSMH serta ada juga booth bazar yang berisikan sembako dari TokoMu, Minuman sehat dan dari pebankan, kami Ucapkan Terima Kasih kepada semua pihak yang telat melibatkan diri dalam rangkain acara ini, semoga kolaborasi kebaikan ini menjadi memperat persaudaran baik bagi warga Muhammadiyah, Asyiyah dan masyarakat umum lainnya,”katanya.

Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Palembang, Malida Somadi, S.Pd.I mengatakan dengan hadirnya kegiatan ini dapat membantu masyarakat untuk penting mengetahui tentang kesehatan.

Pada kesempatan yang sama juga Pimpinan Daerah Muhammadiyah yang diwakilin Ustadz Mustofa M.Pd.I dalam sambutan membuka kegiatan positif ini.

Kegiatan ini merupakan ajang meningkatkan eksistensi Aisyiyah Palembang dalam berkreatifitas dan bisa menjadi spirit inovasi para kader Aisyiyah dalam berbagai bidang, bukan hanya kesehatan melainkan bidang keagamaan, sosial maupun budaya.

Lihat Juga :  Peraih ASN Award Pemkot Palembang, Finka Dikenal Pemalu, Akhirnya Berani Keluar dari Zona Nyaman

“Saya dan para pimpinan Muhammadiyah Kota Palembang lainnya yang berhalangan hadir, mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi sarana meningkatkan kualitas kader Aisyiyah sehingga dapat lebih banyak berperan dalam pembangun Islam berkemajuan di masyarakat,”ucapnya.

Pada Gebyar Sehat Aisyiyah Palembang ini juga dilaksanakan bantuan penyerahan Obat Cacing dan Vitamin A dari Dinas Kesehatan Kota Palembang dan RS Muhammadiyah Palembang,

Kemudian adapula Penyerahan Simbolis Masker, Gown dan APD dari Majelis Kesehatan Kepada Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Palembang.

Aisyah Palembang berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat dan menjadi langkah awal dalam mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera.

Pembicara untuk edukasi dan fasilitator pemeriksaan kesehatan juga merupakan dosen dan mahasiswa IKesT Muhammadiyah Palembang dan STIKes Aisyiyah Palembang, UIN Raden Fatah serta Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Palembang dari berbagai program studi yaitu program studi S1 Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners, S1 Kebidanan, D3 Kebidanan, D3 Keperawatan, D3 Fisioterapi, D3 Kesehatan Lingkungan, S1 Ilmu Gizi, S1 Sistem Informasi, D3 TLM, D3 Manajemen Informasi Rekam Medik, dan S1 Farmasi. (TRI JUMARTINI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button