KELUARGA

Teladan Nabi: Doa Saat Memeluk Anak yang Diajarkan Rasulullah

AsSAJIDIN.COM – Nabi Muhammad SAW selalu mencontohkan untuk memperlihatkan kasih sayang terhadap anak-anak. Melalui usapan di kepala, pelukan, ciuman hangat di pipi dan tentu saja melalui doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT yang berisi permohonan bagi keberkahan anak.

 

Ada doa khusus yang diucapkan Rasulullah saat memeluk Sayidina Hasan, cucunya. Beliau melantunkan doa berikut:

 

Doa memeluk Anak

Allohumma innaa hadzaa ibnii wa ana uhibbuhuu fa ahbibhu wa ahibba man yuhibbuhu

Artinya: Ya Allah, ini adalah anakku dan aku sangat mencintainya. Karena itu, cintailah dia, dan cintailah orang yang mencintainya.

Doa tersebut diriwayatkan dalam kitab Musna Aisyah berikut;

 

Musna Aisyah

Artinya: Dari Sayidah Aisyah-semoga Allah Swt. meridhainya bahwa sesungguhnya Nabi SAW pernah mengambil Sayidina Hasan lalu beliau memeluknya. Kemudian Nabi SAW mengucapkan Allohumma innaa hadzaa ibnii wa ana uhibbuhuu fa ahbibhu wa ahibba man yuhibbuhu (Ya Allah, ini adalah anakku dan aku sangat mencintainya. Karena itu, cintailah dia, dan cintailah orang yang mencintainya).

Doa ketika memeluk anak hendaknya dipanjatkan oleh para orang tua sebelum memeluk anaknya. Selengkapnya baca di Bincang Syariah.

Nabi Muhammad SAW selalu bersikap lembut dengan anak-anak. Beliau kerap mengecup kening dan mengusap kepala cucu-cucunya dan anak kecil yang ditemui.

Lihat Juga :  Tangkal Covid-19, Sebaiknya Seberapa Sering Kita Mencuci Pakaian

Tak hanya itu, sebuah doa singkat juga diucapkan. Merupakan doa yang bisa mengalirkan keberkahan. Hal itu lalu diikuti oleh salah satu sahabatnya, Anas Bin Malik. Berikut isi doanya:

Doa mengusap kepala anak kecil

“Baarokallaahu fiika”, yang artinya “Semoga Allah memberkahimu”.

Mulai sekarang, saat mengusap kepala buah hati atau anak kecil yang Sahabat Dream temui, sebaiknya baca doa tersebut. Dikutip dari BincangSyariah, hal tersebut berdasarkan hadis riwayat Imam Bukhari dari Salamah bin Wardan, dia berkata:

Riwayat Anas Bin Malik

Artinya: Saya melihat Anas bin Malik menjabat tangan orang-orang lalu dia bertanya kepadaku; “Siapa kamu?” Saya menjawab; “Bekas budak Bani Laits.” Dia lalu mengusap kepalaku tiga kali dan berkata; Semoga Allah memberikan berkah kepadamu.

Melihat buah hati yang tertawa dan bermain-main dengan gembira atau tertidur pulas dengan wajah lucunya, kerap membawa ketenangan dalam hati. Dianjurkan untuk selalu mengusap kepala anak kecil dan membacakannya doa.

Mengusap kepala anak kecil, apalagi dia sudah berstatus sebagai yatim karena ditinggal wafat oleh ayahnya, termasuk perbuatan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Disebutkan dalam beberapa hadis bahwa Nabi Muhammad SAW dan beberapa sahabatnya senantiasa mengusap kepala anak kecil yang ditemuinya.

Dikutip dari Bincang Syariah, berikut hadis-hadis anjuran mengusap kepala anak kecil.

Lihat Juga :  Momen Hari Ibu, Relakan Karir Jurnalis Demi Mengasuh Buah Hati

Pertama, Nabi Muhammad SAW mengusap kepala bayi berumur dua minggu dan kemudian beliau memberikan nama padanya. Ini sebagaimana riwayat yang disebutkan dalam kitab Tahdzib Al-Atsar berikut;

Riwayat mengusap kepala anak di kitab Tahdzib Al Atsar

“Dari Idris bin Muhammad bin Anas bin Fadhalah bin Muhamad berkata; Telah menceritakan kepada kami kakekku, dan dia mendapatkan dari ayahnya berkata; Rasulullah Saw datang ke Madinah dan aku baru berumur dua minggu, aku didatangkan kepada Nabi Saw dan beliau mengusap kepalaku dan bersabda; Berilah dia nama seperti namaku.

 

Rasulullah Memangku dan Mengusap Kepala Anak Kecil
Kedua, Nabi Muhammad SAW memangku anak kecil sambil mengusap kepalanya. Ini berdasarkan hadis riwayat Imam Bukhari berikut;

Riwayat Imam Bukhari

Artinya: Dari Yusuf bin Abdullah bin Salam berkata; Rasulullah Saw memberikan nama Yusuf kepadaku dan beliau mendudukkanku di atas pangkuannya dan beliau mengusap kepalaku.

 

Memberi Nama
Ketiga, Nabi Muhammad SAW mengusap kepala anak kecil dan mendoakan keberkahan untuknya. Ini berdasarkan hadis riwayat Imam Muslim berikut;

Riwayat Imam Muslim

Sesungguhnya Ummu Muhammad bin Hatib mendatangi Nabi Saw dan berkata; Ini Muhammad bin Hatib yang pertama diberi nama seperti namamu. Maka Nabi Muhammad SAW mengusap kepalanya dan mendoakannya dengan keberkahan. (*/sumber: dream)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button