MOZAIK ISLAM

Bacaan Niat Sholat Tahajud, Berikut Dzikir dan Doanya

AsSAJIDIN.COM — Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan.

Dilaksanakan di malam hari atau sepertiga malam.

Mengerjakan sholat tahajud, insyaallah akan meningkatkan keimanan dan ketakwaan, serta insya Allah, memanjatkan doa dan dzikir setelah sholat tahajud Allah akan mengabulkannya

 

Sebelum mengerjakan sholat tahajud, bacalah niat sholat tahajud berikut ini:

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

“Ushallii sunnatan tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alla.”

Artinya: “Aku niat sholat sunna tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala.”

Setelah membaca niat sholat tahajud, lakukan sholat 2 rakaat dengan 2 kali sujud dan 1 kali salam. Kemudian lakukan pengulangan sholat 2 rakaat jika ingin mengikuti kebiasaan Rasulullah SAW.

Berikut bacaan dzikir setelah sholat tahajud yang bisa Anda baca setidaknya 100 kali:

Membaca tasbih “Subhanallah” (سبحان الله) yang artinya “maha suci Allah”
Membaca tahmid “Alhamdulillah” (الحمد لله) yang artinya “segala puji bagi Allah”
Membaca kalimat takbir “Allahu Akbar” (الله أكبر) yang artinya “Allah maha besar”
Membaca kalimat istighfar pendek “Astaghfirullah” yang artinya “aku mohon ampun kepada Allah”

Membaca kalimat istighfar panjang “Astaghfirullah hal’adzim, aladzi laailaha illahuwal khayyul qoyyuumu wa atuubu ilaiih” yang artinya “aku memohon ampun kepada Allah yang maha Agung, tiada Tuhan selain Dia yang maha hidup dan maha berdiri sendiri dan aku bertaubat kepada-Nya”

Setelah dzikir sholat tahajud, barulah membaca doa.

Berikut doa setelah sholat tahajud yang merupakan doa Rasulullah SAW seperti diriwayatkan Bukhari dan Muslim:

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Lihat Juga :  One Day One Ayat, Surat Al-Baqarah Ayat 267, Nafkahkanlah Sebagian dari Hasil Usahamu di Jalan Allah, Agar Hidup Berkah

Bahasa Latin:

Allâhumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta nûrus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa’dukal haq. Wa liqâ’uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan nâru haq. Wan nabiyyûna haq. Wa Muhammadun shallallâhu alaihi wasallama haq. Was sâ’atu haq. Allâhumma laka aslamtu. Wa bika âmantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khâshamtu. Wa ilaika hâkamtu. Fagfirlî mâ qaddamtu, wa mâ akhkhartu, wa mâ asrartu, wa mâ a’lantu, wa mâ anta a’lamu bihi minnî. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. Lâ ilâha illâ anta. Wa lâ haula, wa lâ quwwata illâ billâh.

 

Artinya:

“Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar. Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.”

Keutamaan Dzikir setelah Sholat Tahajud Seseorang yang dzikir juga akan merasakan sejumlah manfaat seperti merasakan ketenangan batin dan manfaat lainnya,

 

Berikut beberapa manfaat lainnya: Dzikir merupakan syarat kewalian dan merupakan ketepatan artinya siapa saja bisa berdzikir kepada Allah SWT dan bisa mencapai derajat kekasih Tuhan Dzikir merupakan kunci dari ibadah lainnya Dzikir bisa menciptakan keikhlasan hati yang sempurna dan membuat hajat Dzikir menurunkan rahmat Menghilangkan kesusahan hati Memutuskan kehendak setan Meluangkan hati Dzikir menolak bencana Manfaat Membaca Dzikir setelah Sholat Tahajud Dzikir Setelah Sholat Fardhu (Pexels)

Lihat Juga :  Amalan dan Keistimewaan Bulan Jumadil Awal, 120 Hari Menjelang Ramadhan

 

Dzikir merupakan amalan yang dianjurkan setelah sholat baik itu sholat wajib maupun sunah. Berikut manfaat berdzikir kepada Allah SWT setelah sholat tahajud: 1. Dilindungi oleh Allah SWT Dzikir bisa menjauhkan seseorang dari beragam keburukan dan mendekatkan diri pada hal-hal yang dinilai baik. Dzikir bisa dikatakan secara lisan dan mengagungkan Allah SWT dan menjaga orang itu dari hal buruk. 2. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT Seperti yang disampaikan dzikir juga bisa membuat seseorang lebih dekat Allah SWT. Ingatlah pada kematian dan kesebaran Allah SWT. Dzikir bisa jadi amalan yang cukup disukai oleh Allah SWT. 3. Memberikan Ketenangan Hati dan Pikiran Dzikir merupakan amalan yang bisa dikerjakan setelah tahajud, bisa mendatangkan ketenangan pikiran dan hati.

Salah satu keutamaan dari sholat tahajud yaitu mendamaikan pikiran dan hati yang mulai terasa risau. 4. Menghapus Dosa Orang-orang yang lisannya digunakan untuk menyebut asma Allah, berdzikir, memuji nama Allah dan dihapuskan dosa. Allah juga akan menjamin keselamatan bagi seseorang tersebut. 5. Allah SWT akan Menjanjikan Kerja Surga merupakan tujuan akhir yang dinantikan oleh seluruh umat muslim yang ada di dunia. Orang-orang bisa berdzikir setiap hari dan surge akan jadi tempat terbaiknya.

Demikian juga ketika seseorang meninggal saat subuh dan waktu malamnya untuk berdzikir. Itulah doa sholat tahajud dan dzikir yang bisa Anda lafalkan dan amalkan. Membaca doa dan dzikir setelah tahajud merupakan waktu yang tepat di mana doa bisa terkabul. Manfaat doa dan dzikir lainnya yaitu dilindungi oleh Allah SWT, mendekatkan diri kepada Allah SWT, menghapus dosa hingga memberikan ketenangan hati. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button