KESEHATAN

Wujudkan Health Tourism, Herman Deru Intruksikan RSUD Kabupaten/Kota Miliki Program Layanan Unggulan

ASSAJIDIN.COM — Gubernur Sumsel H Herman Deru mengingatkan agar Asosiasi Rumah Sakit Daerah (ARSADA) Sumsel terus menjaga Performa dalam memberikakan layanan kepada masyarakat.

Harapan itu diungkapkannya saat membuka Seminar Sosialisasi Pemantapan Implementasi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) dan Kelembagaan Unit Organisasi Bersifat Khusus (UOBK) serta Akreditasi Rumah Sakit diselenggarakan oleh Asosiasi Rumah Sakit Daerah (ARSADA) Wilayah Sumsel, bertempat di Ballroom Hotel the Zuri, Selasa (15/8).

“Saya mengapresiasi ARSADA yang telah menggelar seminar sosialisasi pemantapan dam implementasi BLUD,” trgasnya.

 

Herman Deru berharap semeniar tersebut dapat melahirkan kebijakan yang berdampak positif bagi peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Kita harap melalui seminar ini lahir regulasi yang berdampak baik bagi sistem pelayanan kesehatan di RSUD yang tersebar di Sumsel,” tambah Herman Deru.

Herman Deru menyebut, 17 Kabupaten/ Kota yang telah memiliki RSUD. Namun sayangnya masih belum diikuti dengan penyebaran dokter umum maupun spesialis secara merata disetiap daerah. Untuk itu melalui forum seminar tersebut, dirinya meminta Kabupaten/kota melalui ARSADA memberikan usulan dalam penebaran tenaga dokter di masing-masing daerah.

Lihat Juga :  7 Manfaat Luar Biasa Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari

 

“Saya rasa penyebaran dokter masih kurang maksimal maka tugas kita memberikan fasilitas yang intensif agar dokter yang bertugas di daerah menjadi betah,” imbuhnya.

Gubernur Hermam Deru juga mengajak ARSADA mewujudkan Sumsel Health Tourism dengan terus menjaga performa layanan kesehatan yang baik dalam menumbuhkan rasa percaya masyarakat kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

“Kita mempunyai mimpi besar untuk menjadikan Sumsel sebagai daerah Health Tourism. Saya yakin dengan kerja sama seluruh pihak cita-cita itu akan terwujud,” harapnya.

Dalam mencapai Health Tourism, Herman Deru meminta RSUD di masing-masing daerah memiliki layanan unggulan san tidak terbatas pada pengobatan satu jenis penyakit tertentu saja.

 

“Saya minta setiap masing-masing Rumah Sakit Umum memiliki program unggulan sehingga pasien tidak mesti harus berobat ke luar Sumsel,” katanya.

Mengakhiri arahannya Herman Deru berharap ARSADA dapat memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat, sehingga Sumsel dapat mencapai Universal Health Coverage (UHC) 100%.

Lihat Juga :  Doa Mohon Kemudahan Saat dalam Kondisi Kesulitan Rezeki

“Berikan literasi kesehatan kepada masyarakat. Ajak masyarakat untuk menerapkan preventif atau pencegahan penyakit sedini mungkin karena kalau sudah kuratif biayanya akan lebih mahal daripada preventif ini tugas moril kita sebagai andi negara salam mengejar UHC Sumsel mejadi 100 persen,” tandasnya.

 

Sementara itu, Ketua Umum ARSADA Pusat, dr. Raden Heru Ariyadi mengucapkan terimakasih kepada Herman Deru atas perhatiannya kepada RSUD di Sumsel.

“Dalam kesempatan ini saya ingin berterimakasih kepad Bapak Gubernur yang sangat mendukung RSUD di Sumsel berkembang maju dalam melayani masyarakat, dan sehingga teman-teman di Sumsel ini bekerja dengan baik,” kata Raden Heru.

Pada kesempatan itu juga, Raden Heru mengatakan seminar ini akan membahas RSUD di Provinsi maupun Kabupaten/ Kota harus mampu mengatasi 4 penyakit yakni Kanker, Jantung, Strike, Uro-Nefrologi (KJSU).

“RSUD harus mampu mengatasi 4 penyakit sekaligus yakni KJSU, tentu ini memerlukan SDM dan alkes yang memadai, karena RSUD menjadi ujung tombak pembangunan kesehatan di daerah,” pungkasnya. (Yanti)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button