NASIONAL

Desember Puncak Musim Hujan, BMKG Ingatkan Waspada Banjir Seperti Tahun 2021

AsSAJIDIN.COM — Mengingat banjir merendam sebagian besar Kota Palembang pada 25-26 Desember 2021 lalu, BMKG Sumatera Selatan mengimbau untuk waspada.

Agar tidak terjadi lagi hal yang sama di bulan Desember ini, BMKG mengingatkan Pemerintah Kota Palembang untuk melakukan persiapan dini menghadapi cuaca ekstrem.

Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Sumatera Selatan Nandang Pangaribowo mengatakan, bulan ini puncak musim hujan.

“Berdasarkan prakiraan musim hujan Wilayah Sumsel 2022/2023 diperkirakan puncak Musim hujannya di bulan Desember ini,” katanya, Rabu (7/12/2022).

Namun, berdasarkan prakiraan BMKG Sumsel, bahwa musim hujan di Sumsel diperkirakan akan berlangsung hingga awal bulan April 2023.

Lihat Juga :  Viral Pengantin Gasing Laut Banyuasin Sumsel Menghilang, Dicari-cari Wedding EO karena Belum Lunasi Biaya Resepsi

“Sehingga diharapkan masyarakat dan pemerintah setempat untuk selalu waspada,” katanya.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG SMB II Palembang, Veronica Sinta Andriyani mengatakan, untuk seminggu ke depan masih potensi hujan masih tetap ada dengan intensitas sedang hingga lebat.

“Saat ini Sumsel masih dalam periode musim hujan. Karena itu kewaspadaan masyarakat dan instansi terkait terhadap terjadinya cuaca ekstrim (hujan lebat, disertai angin kencang, kilat/petir masih perlu dilakukan,” katanya.

Apalagi akumulasi hujan di beberapa waktu ini juga membuat lingkungan semakin rentan terhadap potensi bencana hidrometeorologi.

Lihat Juga :  Waspada Banjir, Tinggi Muka Air Sungai Musi Hingga 9,21 Meter

“Seperti banjir/genangan air, atau longsor. Selain itu masyarakat perlu dihimbau untuk selalu mengupdate informasi cuaca dari BMKG,” katanya. (pitria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button