SYARIAH

Memahami Makna Masya Allah wa Laahawla wa Laquwwata Illa Billah

AsSAJIDIN.COM — Masya Allah wa Laahawla wa Laquwwata Illa Billah adalah semua kehendak Allah tidak ada daya dan upaya kecuali dengan izin allah.

Kalimat ini merupakan sebuah kalimat yang berisi pernyataan penyerahan diri dalam segala urusan kepada Allah ta’ala.

Kalimat tersebut ada dalam Alquran yang merupakan firman Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk menjadi pedoman umatnya.

Alquran Surat Al-kahf ayat 39

Dan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, la quwwata illa billah” (Sungguh, atas kehendak Allah, semua ini terwujud), tidak ada kekuatan kecuali dengan (pertolongan)

Allah, sekalipun engkau anggap harta dan keturunanku lebih sedikit daripadamu.

Tafsir Ringkas Kemenag RI
Dan mengapa engkau tidak mengucapkan, ketika engkau memasuki kebunmu yang subur dan penuh dengan berbagai macam buah dan tanaman “Masya Allah, la quwwata illa billah”, Sungguh, atas kehendak Allah, semua ini terwujud, tidak ada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.

Lihat Juga :  Pahami jika Mengaku Islam, Bom Bunuh Diri Bukan Jihad

Semestinya engkau ucapkan kalimat itu sebagai tanda syukur kepada Allah yang menciptakan dan menganugerahkan kebaikan kepadamu.

Sekiranya engkau melihat harta dan keturunanku lebih sedikit daripadamu, tidaklah mengapa, itulah anugerah Tuhan yang diberikan untukku.

Maka dari itu, kalimat ini dapat digunakan pada saat seorang hamba memiliki keinginan atau harapan yang telah ditawakalkan lalu sedang menunggu hasil yang sudah dikerjakan tersebut.

Pengamalan kalimat ini memiliki keutamaan, salah satunya seperti yang disampaikan dalam hadist Riwayat Bukhari berikut:

“Wahai ‘Abdullah bin Qois, katakanlah ‘laa hawla wa laa quwwata illa billah’, karena ia merupakan simpanan pahala berharga di surga” (HR. Bukhari no. 7386)

Dalam HR. Bukhari ini disampaikan bahwa kalimat laa hawla wa laa quwwata illa billah merupakan salah satu simpanan yang akan membawa ke surga.

Selain kalimat Masya Allah wa Laahawla wa Laquwwata Illa Billah, ada juga beberapa kalimat yang baik untuk diamalkan seperti kalimat Masya Allah dan Subahanallah.

Lihat Juga :  Penjelasan Fatwa MUI Lengkap Tentang Hukum Hewan Kurban Saat Wabah PMK

Subhanallah Walhamdulillah merupakan kalimat yang sering kali kita sebagai umat islam dengar, baca, maupun ucapkan.

Subhanallah Walhamdulillah Walailahaillallah Wallahuakbar adalah kalimat tasbih untuk memuji Allah swt sebagai zat yang Maha Suci, kalimat tahmid untuk memuji Allah swt sebagai zat yang menciptakan dan memelihara alam, dan kalimat takbir yang bertujuan untuk menyatakan Allah swt sebagai zat yang Maha Besar.

Dalam Hadist Riwayat Muslim Dari Ka’ab bin ‘Ujrah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ada beberapa kalimat pengikut yang tidak akan merugikan orang yang mengucapkannya atau melakukannya di akhir setiap shalat wajib (yaitu), tiga puluh tiga kali tasbih, tiga puluh tiga kali tahmid, dan tiga puluh empat kali takbir.” (HR. Muslim) [HR. Muslim, no. 597]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button