LENTERA

Kejarlah Ridho Orangtuamu, untuk Meraih Ridho dan Surga-Nya

AsSAJIDIN.Com — Dalam satu kesempatan tausiyahnya Ust. Abdul Somad mengajak seluruh jama’ah yang hadir untuk senantiasa berbakti kepada orang tua, dan menjadikan diri selalu lebih baik setiap harinya.

“Kejarlah ridha orang tuamu, karena disana ada ridha Allah dan juga surga untukmu. Dan didiklah anak-anakmu,  jadikan mereka generasi-generasi terbaik yang kelak akan membawa bangga bangsa dan agama ini,” Jelas penceramah lulusan Mesir dan Maroko ini.

Hadits tentang ridho orangtua ini penting diketahui untuk meraih surga Allah SWT. Dalam Al-quran surat Al-Baqarah ayat 83, ditegaskan bahwa orangtua harus dimuliakan.

Dalam surat Al-Baqarah ayat 83:

وَإِذْ أَخَذْنَا مِيثَاقَ بَنِي إِسْرَائِيلَ لَا تَعْبُدُونَ إِلَّا اللَّهَ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَذِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَقُولُوا

لِلنَّاسِ حُسْنًا وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ ثُمَّ تَوَلَّيْتُمْ إِلَّا قَلِيلًا مِنْكُمْ وَأَنْتُمْ مُعْرِضُونَ

Artinya: “Dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari Bani Israil (yaitu): Janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat kebaikanlah kepada ibu bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin, serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia, dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Kemudian kamu tidak memenuhi janji itu, kecuali sebahagian kecil daripada kamu, dan kamu selalu berpaling.”

Lihat Juga :  Hidup itu Harus Positif

Kemudian dalam Al-quran surat An-Nisaa ayat 36, Allah SWT melarang umatnya untuk beribadah kepada-Nya dan berbuat baik kepada orangtua. Allah SWT berfirman dalam surat An-Nisaa ayat 36:

وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا ۖ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَبِذِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَالْجَارِ ذِي الْقُرْبَىٰ

وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْبِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا

Artinya: “Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri.”

Jika seorang anak yang durhaka kepada ibu atau ayahnya tidak akan mendapatkan ridho dari Allah SWT. Hadits tentang ridho kepada orang tua diriwayatkan oleh HR. Tirmidzi yang berbunyi: “Ridho Allah itu tergantung ridho kedua orang tua dan murka Allah juga tergantung kepada murka kedua orangtua.” (HR. Tirmidzi).

Lihat Juga :  Membudayakan Rukun Islam dalam Kehidupan Sehari-hari (2)

Dilansir dalam buku ‘Keajaiban Doa & Ridho Ibu’ oleh Mutia Mutmainnah, menuliskan doa kedua orangtua sangat berpengaruh dalam kunci kesuksesan anak-anaknya. Rasulullah Saw bersabda:

“Doa orangtua untuk anaknya sama seperti doa nabi terhadap umatnya.” (HR. Ad Dailami).

Agenda yang terlaksana atas kerjasama dari Majelis Asatidz Peduli Umat Rosulullah SAW (MASPUROH), Dompet Dhuafa (DD) Sumsel, dan DKM Masjid Citra Grand City ini dihadiri juga oleh para ulama-ulama kondang Sumatera Selatan seperti Habib Mahdi, selaku ketua Front Pembela Islam (FPI Sumsel), Ust. Umar Said, selaku ketua Forum Umat Islam (FUI), dan Kusworo Nursidik, Pimcab. DD Sumsel. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button