Uncategorized

Peserta Lelang Jabatan Harus Cerdas dan Amanah, Berikut Bocoran Prosesnya

 

AsSAJIDIN.COM —┬áBerbeda dengan lelang kendaraan, lelang jabatan tinggi pratama akan melalui proses yang tidak mudah. Para peserta harus mengikuti sejumlah uji kompetensi yang diminta oleh Panitia Seleksi (Pansel) salah satunya dari unsur akademisi. Harus cerdas dan amanah.

Sekretaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa mengatakan, proses lelang jabatan di Lingkungan Pemerintah Kota Palembang saat ini sedang tahap akan dibukanya jadwal pendaftaran yang terbuka se-Sumatera Selatan.

“Pansel melibatkan akademisi dari UNSRI juga UIN, kita sudah mengadakan rapat, sekarang posisinya menunggu pendaftaran,” katanya, Kamis (1/7/2021).

Seperti pada proses lelang jabatan sebelumnya, nantinya akan ada Forum Group Discussion (FGD), pembuatan makalah dengan jumlah halaman yang ditentukan, pemaparan, wawancara hingga perengkingan nilai tertinggi.

Lihat Juga :  Menangkan Gugatan Lahan, Palembang Beri Kejari Dua Penghargaan

Dalam pembuatan makalah itu, Pansel bisa beberapa opsi, baik spontan atau tema makalah diberikan saat pendaftaran. Topiknya bisa bersifat umum, pelayanan publik, atau sesuai pilihan OPD masing-masing.

“Pansel akan mengambil nilai tiga besar. Kemudian diserahkan ke walikota untuk ditentukan dari nilai tertinggi. Setelah dari walikota nama-nama pemenang lelang jabatan ini akan dikirim ke KASN dan baru bisa dilantik,” jelasnya.

Dewa mengatakan, para ASN se-Sumsel bisa ikut dalam seleksi ini karena lelang jabatan dibuka secara terbuka. Ada beberapa jabatan kosong dan segera kosong karena kepala dinasnya segera pensiun. Seperti Dinas Kesehatan, Kesbangpol dan Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM, Inspektorat.

Lihat Juga :  Senyum Lebar Yudisman dan Aan, di Tengah Unjuk Rasa

Tim Pansel terdiri dari dua tim. Tim pertama khusus berkaitan dengan lelang beberapa jabatan yang kosong dan masuk masa purna bhakti (pensiun). Tim kedua, berkaitan dengan job fit atau rolling di OPD tertentu.

“Sembari berjalan, Pemkot menunggu usulan yang benar-benar fix sesuai kinerja dan kriteria dari kepala perangkat daerah,” katanya. (pitria)

Back to top button