PENDIDIKAN

Takut Tertinggal, Unsri Bakal Lakukan Ini di Sistem Perkuliahan

ASSAJIDIN.COM — Pesatnya perkembangan dunia di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0 membuat Perguruan Tinggi sebagai pencetak generasi muda dituntut untuk melakukan evaluasi.

Universitas Sriwijaya (Unsri) sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia akan melakukan inovasi dalam sistem perkuliahan sebagaimana layaknya di Harvard University Amerika.

Harvard University merupakan kampus ternama di dunia yang banyak mahasiswa berbagai negara termasuk Indonesia.

“Kita akan buat virtual kelas Harvard ini agar Unsri tidak tertinggal,” ujar Rektor Unsri Prof DR H Anis Saggaf, Minggu (20/6/2021).

Lihat Juga :  Kuliah Tatap Muka Belum Jelas, Unsri Minta Mahasiswa Bersabar

Ia menambahkan, kemajuan teknologi saat ini yang semakin maju, terutama ditengah pandemi seperti sekarang, memaksa semua penggunaan teknologi yang kian meningkat.

“Covid-19 sebagai warning supaya kita disiplin, apa yang diperintah semua patuh. Kondisi ini memaksa kita, memaksa dunia untuk berubah kehidupan mempercepat termasuk pendidikan dan rumah sakit,” ungkap Anis.

Dikatakan Anis, support IT menjadi hal yang wajib dan sangat penting dalam mengikuti perubahan jaman pada saat ini. “Nah sekarang ini lagi tren virtual kelas Harvard University. Dimana dalam pelaksaan kuliah berbasis virtual namun seperti layaknya dalam kelas,”ujar Anis.

Lihat Juga :  Poltek Negeri Sriwijaya Terima 3.423 Mahasiswa Baru, Masih Ada Kesempatan Ikut Tes

Kedepan lanjut Anis, inilah yang akan dicontoh oleh Unsri. “Jadi nanti disetiap fakultas akan diterapkan kelas virtual seperti Harvard dengan memakai tv-tv besar, semua gambar mahasiswa bisa dilihat seperti ìdalam kelas. Pun sebaliknya mahasiswa bisa melihat guru seperti di dalam kelas juga. Ini yang sedang kita usahakan buat contoh kedepannya,” pungkasnya.

Dikatakan Anis, untuk meniru kelas seperti ini tidaklah mahal, hanya perlu sarana IT dan tv pelengkapnya saja. (*/Sugi)

Back to top button