NASIONAL

Mengenal Balqis Sekar Putri, Siswa SMAN Sumsel Wakili Indonesia ke Amerika Serikat

ASSAJIDIN.COM — Setelah lebih kurang 4 (empat) bulan berjibaku dalam proses yang panjang dalam Seleksi Pertukaran Pelajar ke Amerika Serikat bersama Bina Antar Budaya, Balqis Sekar Putri, siswa kelas XI SMAN Sumatera Selatan akhirnya berhasil melalui serangkaian seleksi berkas, wawancara dan kesehatan dan terpilih sebagai salah satu dari 80 siswa terbaik se Indonesia di tahun ini.

Kepala SMAN Sumatera Selatan Iswan Djati Kusuma SPd MSi mengatakan Bina Antarbudaya merupakan organisasi nirlaba yang merupakan mitra dari AFS Intercultural Programs, Inc yang bertanggung jawab dalam melaksanakan program-program pertukaran pelajar seperti AFS Intercultural Programs dan YES (Kennedy Lugar Youth Exchange and Study).

“Sangat bersyukur atas prestasi Internasional yang telah diraih oleh Balqis. Semoga dengan kegiatan pertukaran pelajar ini, Balqis dapat memperoleh banyak pengalaman bagaimana hidup di negeri orang, belajar nilai-nilai budaya yang luhur, berpikiran lebih luas dan dapat memperkaya pengetahuan tentang perbedaan kebiasaan, cara hidup, kedisplinan, menghargai pendapat, dan menghargai waktu,” ujarnya, Selasa (15/6/2021).

Lihat Juga :  Ketika Dahlan Iskan Kecopetan Sebelum Ke Amerika

Ia berharap capaian ini menjadi semangat juga untuk rekan-rekan siswa lain agar tetap tidak berpuas diri dan terus meningkatkan skill baik kompetensi di sekolah maupun bakat positif lain.

Dikatakan Iswan bahwa kegiatan pertukaran siswa antar negara ini akan berlangsung selama 1 tahun. Dimulai dari Orientasi Pra Program, Persiapan Keberangkatan, Keberangkatan, dan tinggal di Amerika dari Agustus 2021 hingga Juni 2022.

Balqis tentu sangat bahagia memperoleh kesempatan yang sangat baik ini. Usaha yang sangat keras yang sudah ia lakukan selama proses seleksi terbayar sudah. Sempat terkendala biaya tes kesehatan yang cukup mahal, namun dengan dukungan penuh dari SMAN Sumatera Selatan, hal itu akhirnya dapat dilalui dengan baik.

Lihat Juga :  Sumsel Tuan Rumah Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara Nasional, Upaya Membangun Generasi Muda Berkarakter

Balqis merupakan siswa ke 22 dari SMAN Sumatera Selatan yang berhasil mengikuti seleksi pertukaran Pelajar ke Amerika Serikat ini. Tahun kemarin, dikarenakan pandemi, salah satu siswa SMAN Sumatera lainnya – Mutiara Khusnul Khatimah gagal berangkat, mengubur mimpinya untuk dapat menimba pengalaman belajar di Amerika Serikat dan terpaksa harus menjalani aktifitas pertukaran pelajar secara online.

“Semoga ini juga dapat memberi inspirasi bagi siswa kami lainnya untuk terus semangat membuka wawasan dan berpikir global,” pungkasnya. (*/Sugi)

Back to top button