PENDIDIKAN

Dua Siswa UPT SMKN 8 Diterima Kuliah di Jepang

ASSAJIDIN.COM — Dua siswa Unit Pelayanan Teknis (UPT) SMK Negeri 8 Palembang atau eks SMK Negeri Sumsel berhasil diterima kuliah di Universitas Japanese Culture Academy (JCA), Nagoya, Jepang.

Menariknya, dua siswa yakni Jaka Wahyu Pratama Mustofa dan M Sahlan Sayyid Mustofa juga langsung bekerja dalam program satu paket yakni Program Kuliah Sambil Kerja.

“Alhamdulillah, setelah melalui dua kali tes akhirnya dua siswa kita yang baru lulus diterima di JCA Nagoya Jepang,” ujar Kepala UPT SMK Negeri 8 Palembang Drs Zulkarnain MT, Jumat (26/3/2021).

Lihat Juga :  Masya Allah, Reino Barak dan Keluarga Ternyata Pemilik Masjid Camii di Tokyo, Masjid Terbesar di Jepang

Ia menambahkan mereka menjalani dua kali tes yakni tes bahasa Jepang dan tes dari Japanese Tes (J-Tes). Keduanya lulus dan akan mendapatkan studi di Jepang sekaligus kerja.

Zulkarnain pun mengapresiasi siswa-siswinya yang telah mendapat prestasi dan keberhasilan bisa kuliah di Negeri Sakura tersebut. Karena, selain menimba ilmu di Negeri tersebut, mereka akan belajar tentang budaya kerja, budaya belajar dan budaya masyarakat.

“Dan setelah selesai studi, boleh lanjut kerja disana (Jepang-red) atau pulang ke Indonesia setelah mendapat keilmuan dan skill,” jelasnya.

Lihat Juga :  Ujian Semester di Tengah Pandemi, Jadi Ujian Kejujuran

Menurutnya, jika pulang ke Indonesia tentu banyak peluang kerja, termasuk juga peluang direktur perusahaan Jepang yang beroperasi di Indonesia. (*/Sugi)

Back to top button