INTERNATIONAL

Arab Saudi Perlahan Mulai Buka Lock Down, Pertanda Baik Musim Haji 2020?

ASSAJIDIN.COM — Arab Saudi mulai membuka lockdown setelah sukses melawan virus corona. Terbukti warga Arab Saudi mulai kembali memenuhi pusat perbelanjaan dan pasar.

Petugas keamanan mengukur suhu badan pengunjung saat memasuki pusat perbelanjaan di pusat kota Riyadh. Aroma cairan disinfektan yang kuat tercium di seluruh peralatan rumah, kosmetik, dan pakaian.

Keadaan seperti suasana normal itu disambut baik oleh warga Saudi setelah terkurung di rumah karena jam malam yang diberlakukan sejak akhir Maret, terutama dengan dimulainya bulan suci Ramadan.

Kerajaan Arab Saudi, Minggu (2/5) sudah melonggarkan pembatasan pergerakan antara pukul 9 pagi hingga 5 sore, kecuali di Makkah.

Sekolah, restoran, masjid dan tempat-tempat umum lainnya tetap ditutup dan pertemuan sosial lebih dari lima orang dilarang.

Lihat Juga :  Arab Survei Indonesia dan 24 Negara Lain untuk Persiapan Kelayakan Haji

“Pembukaan kembali pusat perbelanjaan maupun pasar dilakukan dengan cara yang terbatas, ini dilakukan dengan sangat baik sehingga kami bisa mendapatkan barang-barang yang kami butuhkan,” kata warga setempat.

Belanja daring masih belum populer di Arab Saudi, mal tetap menjadi pilihan utama. Sebagian besar pembeli di pusat perbelanjaan maupun pasar di Saudi adalah wanita muda.

Dibukanya secara berlahan lock down ini apakah pertanda baik untuk Musim Haji 2020? Kita tunggu saja kabarnya.

Sebelumnya, Arab Saudi lockdown guna mencegah penyebaran virus corona. Seperti meniadakan ibadah umrah dan menutup Masjidilaharam dan Nabawi. (*/Sumber: Ant)

Tags
Close