NASIONAL

Dua Kali Tertunda, UTBK SBMPTN Digelar Setelah Idul Fitri

AsSAJIDIN.COM —  Dampak Global Pandemi Coronavirus Disease atau Covid-19 membuat perubahan berbagai sektor, termasuk pendidikan.

Setelah dua kali tertunda akibat peredaran wabah Corona, akhirnya Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTM PT) akhirnya memutuskan jadwal pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) resmi dibuka setelah Idul Fitri 1441 H tepatnya pada 2-20 Juni 2020.

Koordinator Humas SNMPTN, SBMPTN, USM Universitas Sriwijaya Prof Zulkifli Dahlan PhD mengatakan bahwa penundaan ini sebetulnya bukan kehendak siapapun tapi karena kondisi wabah yang belum kunjung usai.

“Ya, kita baru saja mendapat surat edaran baru dari LTMPT Nomor:11/SE.LTMPT/2020 tentang informasi terbaru UTBK SBMPT,” ujarnya, Selasa (7/4/2020).

Lihat Juga :  Makna Santri dalam Arti Luas, Menurut Nurkholis Madjid hingga Menteri Agama

Zulkifli menambahkan bahwa untuk pelaksanaan UTBK sendiri akan dijadwalkan pada 5-12 Juli 2020 sedangkan pengumuman akan dilakukan pada 25 Juli 2020.

Pihaknya berharap agar kepala SMA/SMK sederajat agar menginformasikan ini kepada semua siswa-siswi nya yang akan melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Terkait materi tes UTBK ini sendiri Zulkifli mengatakan bahwa materi yang diujikan adalah tes potensi skolastik (TPS) dan setiap peserta hanya diizinkan maksimal satu kali tes.

“Untuk teknis pelaksanan tes sendiri dilaksanakan dalam empat sesi setiap hari dan pendaftaran UTBK SBMPTN oleh peserta dilakukan satu kali atau bersamaan peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK dan memilih PTN serta program studi tujuan,” pungkasnya. (*/sumber: sibernas/sugi)

Tags
Close