MOZAIK ISLAM

FKPQ Palembang Gelar Munaqosah Perdana, Bentengi Santri dengan Ilmu Aquran

ASSAJIDIN.COM– Forum Komunikasi Pendidikan Alquran (FKPQ) Kota Palembang menggelar munaqosah (ujian terbuka) perdana yang diikuti lebih dari 900 santri. Kegiatan telah dilaksanakan sejak awal Februari lalu, dan akan berlangsung hingga Maret 2020.

Sebagai dewan penguji para ustadz dan ustadzah yang telah berpengalaman dalam ilmunya termasuk juga adalah Ketua Umum FKPQ kota Palembang Drs H Buya Syamsuddin Harmain, Kasi Pondok Pontren Drs H Hermansyah. SE. MM dan ditambah dengan seluruh Ketua DPK se kota Palembang.
Materi munaqosah terdiri dari lima item, yakni tartil Alquran, Surat- surat pendek, praktik shalat, bacaaan doa sehari hari, ayat-ayat pilihan dan praktik shalat jenazah.
Munaqosah ini diperlukan bagi generasi bangsa mengingat tantangan zaman yang saat ini luar biasa. “Di antaranya banyak anak sudah mengenal IT melalui handphone yang di dalamnya banyak permainan hingga membuat anak anak terlena untuk belajar mengaji,” kata Ketua Umum FKPQ kota Palembang Drs H Buya Syamsuddin Harmain.
Mengingat itu, FKPQ melalui ustadz-ustadzah Taman Pendidikan Alquran (TPA), dengan segala daya dan upaya untuk mengantisipasi kemajuan teknologi saat ini.
. “Anak-anak dan terutama para santri harus dibentengi dengan ilmu agama, jangan sampai anak anak teracuni dengan hal hal yang bersifat negatif,” tambahnya.
FKPQ memiliki visi misi mempersiapkan generasi qurani dan menyongsong masa depan gemilang dengan membumikan Alquran dan meningkatkan kualitas pendidikan berbasis Alquran.
“Munaqosah ini untuk mengetahui dan menilai kemampuan santri dalam menerima materi yang sudah diajarkan di lembaga pendidikan Alquran yang telah mereka kuasai,” kata Syamsudin.
Rencananya, munaqosah dilaksanakan 2 kali dalam setahun, dengan biaya per santri Rp 20 ribu (termasuk biaya wisuda santri). Info lebih lanjut dapat menghubungi Ketua Umum FKPQ 081373023413.(*)
Penulis : tri jumartini

Tags
Close