KESEHATAN

Hindari Lima Jenis Sayuran Tinggi Purin ini Agar Asam Urat tidak Kambuh

ASSAJIDIN.COM — Anda penderita asam urat perlu berhati-hati dengan makanan yang Anda makan. Perlu diketahui bahwa saat asam urat kambuh penderitanya akan merasakan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Bahkan rasa sakit yang ditimbulkan bisa bertahan lama mulai 3-10 hari.

Kambuhnya penyakit asam urat ini ternyata sangat erat hubungannya dengan asupan makanan yang kita makan. Salah satunya adalah sayuran yang mengandung tinggi purin.

Makanan tinggi purin adalah makanan bersumber dari hewan maupun tumbuhan yang dapat menghasilkan asam urat yang diolah di organ hati. Asm urat akan memasuki aliran darah, lalu disaring oleh ginjal, dan dikeluarkan melalui urine.

Banyaknya purin yang masuk ke dalam tubuh Anda bisa menyebabkan terjadinya kenaikan kadar asam urat atau terjadinya penumpukan di dalam darah, kondisi ini biasanya dikenal dengan istilah penyakit asam urat.

Lihat Juga :  Stop Kekerasan Terhadap Perempuan

Nah, bagi Anda penderita asam urat sebaiknya hindari untuk mengonsumsi beberapa makanan berikut ini yang bisa memicu asam urat kambuh:

Bayam
Bayam adalah sayuran berdaun hijau yang tinggi zat besi, vitamin C, luteins, beta-karoten dan flavonoid. Zat-zat gizi ini sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sayangnya bagi orang yang menderita gout atau asam urat, bayam merupakan salah satu sayuran yang harus dihindari karena kandungan purin tinggi.

Jamur
Jamur juga mengandung cukup tinggi purin dalam setiap porsi. Hal ini membuatnya menjadi pengganti daging yang buruk bagi mereka yang mencoba mengikuti diet asam urat.

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan juga masuk daftar produk nabati yang tinggi purin dan harus dihindari penderita asam urat. Kacang polong berada di peringat atas untuk kandungan purin tertinggi, yakni 5-100 mg purin per 3,5 ons.

Lihat Juga :  Anak Sakit tak Harus ke Dokter, 10 Tips Pertolongan Pertama, dari Almarhum dr Ryan Thamrin

 

Kembang kol
Sering kali disajikan dalam campuran sayuran atau sebagai lauk. Dalam daftar sayuran yang mengandung purin dalam jumlah tinggi, kembang kol juga termasuk salah satunya. Purin untuk kembang kol adalah 51 g per 100 g kembang kol.

Asparagus
Asparagus juga merupakan salah satu sayur yang sebaiknya dihindari untuk penderita asam urat karena kandungan purinnya tinggi. Kandungan purin 23 g per 100 g asparagus. [*/SUMBER: INTISARI]

Tags
Close