LIFESTYLE

Empat Tahapan Perawatan Kulit yang Patut Dilakukan Muslimah agar Terawat

AsSAJIDIN.COM — Perawatan kulit menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini, tak terkecuali muslimah. Sebab skincare dipercaya bisa membantu menjaga kesehatan kulit agar tetap flawless dan bebas masalah seperti jerawat.

Kebutuhan akan skincare saat ini ditunjang oleh beragam produk. Banyak merek produk skincare yang telah bersertifikasi halal. Muslimah tinggal menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhannya saja. Toh, langkah skincare yang tepat tak harus memakai banyak produk.

Selain soal pemilihan produk, muslimah juga perlu tahu bahwa tidak semua tahap perawatan wajah atau skincare itu wajib. Memang saat ini 10 step skincare ala Korea sedang trend, namun sebenarnya tidak sebanyak itu langkah yang diperlukan untuk mendapatkan kulit sehat seperti yang didambakan.

Muslimah yang ingin memiliki kulit wajah sehat dan flawless dengan skincare, sebenarnya hanya perlu 4 langkah utama. Apa saja? Simak ulasannya, berikut ini:

Lima puluh persen wajah dijamin sudah sehat dan flawless, jika sudah melakukan tahap ini. Sebab, dengan membersihkan wajah, bukan cuma kotoran, makeup, dan minyak di wajah yang dihilangkan, tapi kita sudah menyiapkan kulit untuk menerima berbagai macam skincare.

Lihat Juga :  Muslimah, Lebih Baik Sholat Tarawih Berjamaah di Masjid atau di Rumah Sendiri?

Hanya saja, cara membersihkan wajah dalam tahapan skincare ini tidaklah sembarangan. Ini dilakukan dengan double cleansing.

Pertama, gunakan cleansing oil untuk kulit berminyak dan cleansing balm untuk kulit super kering.

Setelah itu, lanjutkan dengan membersihkan wajah dengan pembersih wajah sesuai dengan jenis kulit kita, bisa berbentuk gel, krim, ataupun foam.

Tanpa cleansing oil atau cleansing balm pun tahap pembersihan ini masih bisa dilakukan. Gunakan saja pembersih wajah biasa sebanyak 2 kali, terutama di malam hari.

Pastikan juga kita enggak asal-asalan membersihkan wajah.

Cara yang tepat adalah menggosok seluruh area wajah secara lembut dengan gerakan memutar selama kurang lebih 40-60 detik. Ini tak hanya untuk membersihkan, tapi memberikan waktu untuk kulit kita menyerap kandungan baik dari pembersih wajah kita.

Selanjutnya, tahap skincare berikutnya adalah menggunakan serum atau essence, sesuai dengan keinginan kita. Dengan ini, wajah akan terisi nutrisi dan kelembabannya yang hilang pun bisa kembali.

Lihat Juga :  Ingin Jadi Pengantin Syar'i , Ini yang Perlu Diperhatikan dalam Berhias

Ini adalah langkah skincare yang tidak boleh terlewatkan. Sebab, pelembab bukan cuma memberikan kelembaban pada kulit, tapi memberikan nutrisi yang dibutuhkan kulit kita. Selain itu, pelembab juga mengunci kelembaban yang diberikan dari serum atau essence yang kita pakai, supaya kulit tetap terhidrasi dalam waktu yang lama.

Fungsi pelembab memang tidak jelas kelihatan, namun keberadaannya akan sangat terasa terutama ketika pemakaian dihentikan. Kulit akan terasa kusam dan mudah mendapat masalah.

Terakhir dan hanya dipakai di pagi hari adalah sunscreen. Sunscreen itu super penting untuk dipakai setiap hari, baik saat cuaca sedang mendung ataupun terik. Ini karena sinar matahari, sedikit apapun intensitasnya bisa membuat kulit kita rusak dan bermasalah.

Dengan perlindungan sunscreen, dijamin kulit kita bisa terlihat lebih sehat, cerah, dan flawless. (*/SUMBER: GRID)

Tags
Close