PENDIDIKAN

Dirakit Hanya 5 Menit, Robotic Drone Buatan Siswa SMKN Palembang Berjaya di Unila

AsSAJIDIN.COM —┬áDua siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Palembang Iqbal Bachrul Alam dan Theorilus Pardede berhasil meraih juara III pada multievent kompetisi teknologi bertajuk Electrical Engineering In Action (EEA) 2019.

Kompetisi teknologi yang digelar di Universitas Negeri Lampung (Unila) pada 14-15 September 2019 ini dua siswa SMK Negeri II berhasil merakit robotic drone obstacle sehingga mengantarkan mereka juara 3 di kompetisi ini.

“Selain itu kami juga juara 1 untuk kategori juara Best Designe karena kita ikut dua kategori lomba. Termasuk robotic drone,”ujar Iqbal Bachrul Alam, Senin (16/9/2019).

Lanjut Iqbal, bahwa robotic drone obstacle yang dikompetisikan berhasil mereka rakit dengan durasi lima menit. Sehingga pihak juri sangat mengapresiasi hasil rakitannya.

Lihat Juga :  Cair Bulan November Mendatang, Kepsek Diminta Transparan Kelola Dana BOS Nasional

“Kelebihan drone ini stabil, tetapi kelemahannya ini hanya bisa dipakai khusus in door,”urainya.

Menurutnya, hasil ini cukup membanggakan karena rival yang mereka hadapi tak hanya antar siswa tapi juga para mahasiswa di wilayah Sumbagsel dan Lampung.

Sementara itu, dikatakan Guru Pembimbing Kemas Atin SPd, persiapan anak didiknya sebenarnya tak begitu lama tapi beruntung dua anak didiknya berhasil meraih juara.

“Persiapan cuma 2 minggu dan diikutkan atas support dari pihak Kepala SMKN 2 Palembang Bapak Drs Zulkarnain MT,”jelasnya.

Menurutnya, juara robotik ini merupakan kali kedua diraih oleh SMK Negeri II Palembang setelah pada 2017 lalu, siswa SMK Negeri II meraih juara 1 di Jakarta di kompetisi yang sama. (*/sumber: sibernas.com/Sugi)

Tags
Close