Uncategorized

Hukum Membuka Aib Pasangan atau Mantan Pasangan Menurut Islam

AsSAJIDIN.COM — Miris melihat pemberitaan oknum artis yang membuka aib mantan istrinya di chanel Youtube. Artis berinisial G ini membeberkan hal yang mestinya tidak boleh dikonsumsi orang lain.  Wal hasil mantan istrinya yang juga artis, syok berat dan tertekan. Lalu melaporkan ke pihak berwajib.

Dalam islam, sepasang suami istri haruslah saling menjaga kepercayaan masing-masing. Ini agar kehidupan rumah tangga dapat berjalan harmonis.

Jika ada aib, pasangan sebisa mungkin tidak mengumbarnya. Permasalahan yang terjadi cukup suami dan istri saja yang tahu.

Apabila sebaliknya, ada bahaya begitu besar yang akan dihadapi. Mengumbar aib pasangan dapat menghilangkan kepercayaan dan bisa merusak rumah tangga.

Lihat Juga :  Sama-sama Insya Allah Masuk Surga

Mengumbar aib sering muncul tanpa disadari. Misalnya dari mengobrol atau mencurahkan isi hati kepada teman. Akibat keasyikan, aib pasangan tanpa sengaja diceritakan.

Suami dan istri layaknya pakaian dan tubuh. Pakaian memiliki kegunaan untuk menutup aurat, memperindah diri bahkan membuat tubuh merasa lebih tenang jika ada pakaian yang menutupinya.

Dikutip dari Okezone dari berbagai sumber, jika pasangan membuka aib pasangannya, sama dengan menunjukkan aib pada dirinya. Suami dan istri adalah satu kesatuan dalam rumah tangga. Pun apa bila pasangan itu sudah berpisah atau bercerai.

Lihat Juga :  Suami Istri Saling Mencintai dan Bertakwa Dipersatukan Lagi di Surga?

Islam melarang seorang suami atau istri mengungkapkan aib masing-masing pasangannya kepada orang lain dengan tujuan yang tidak dibenarkan. Pun apa bila pasangan itu sudah berpisah atau bercerai.
sebagaimana diriwayatkan Imam Bukhori dari Abdullah bin Umar bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Dan siapa yang menutupi (aib) seorang Muslim maka Allah akan menutup aibnya pada hari kiamat.”

Nah maukah kita dibukakan aib-aib saat di akhirat nanti. Tentu tidak bukan? (*/sumber: okezone.com)

Back to top button