ISLAMIC SCHOOL

Halal Bi Halal, SIT Al Furqon Gelar Tausiyah Bersama Ustad Lukmanul Hakim

 

PALEMBANG, ASSAJIDIN.COM – Masih dalam suasana di bulan syawal, Sekolah Islam Terpadu Al Furqon menggelar Tausiyah dan halal bi halal bersama seluruh staf SIT, Senin (24/06/2019) di Aula Darul Janah SIT Al Furqon.

Dengan mengusung tema Saling Memaafkan dan Rindu Allah, Ustad Lukmanul Hakim mengatakan Terdapat tiga point penting hubungan puasa dengan doa mohon maaf.

Belajar dari bulan Ramadhan, Allah menganjurkan melalui doa di bulan Ramadhan “Ya allah sesungguhnya engkau maha memberi maaf dan maha mulia karena memberi, engkau mencintai keadaan saling memaafkan maka maafkanlah kami, wahai (Allah) yang maha mulia (karena memberi) doa ramadhan.

“Puasa sebagai tarekat (jalan) seperti fisik, pikiran, hati, jiwa akan menciptakan ketahanan, kecerdasan, kepercayaan dan keyakinan. Kemudian puasa itu proses merasakan seperti kita harus bisa memanage rasa, hidup itu di ujung rasa seperti kopi walaupun nikmat tetapi ada rasa pahit nya dan kita harus mempunyai rasa empati yang kemudian muncul rasa simpati. terakhir, harus dibangun dengan kesadaran, mempunyai kesadaran tentang hidup yang dijalani menghasilkan dua hal yaitu tanggung jawab dan toleran. Ketiga hal tersebut merupakan hubungan puasa dengan doa mohon maaf, ” katanya saat menyampaikan tausiyah.

Lihat Juga :  Kembangkan Dunia Pendidikan, SMAIT Al Furqon Gandeng Konjen Amerika

Ia mengatakan, makna mohon maaf terdapat rasa rindu di dalamnya, karena hidup haruslah berakhir dengan suka cita.

‌”Mohon maaf sebagai pengakuan yang menghasilkan salah tapi mulia dan ngalah bukan kalah. mohon maaf sebagai perbaikan menciptakan tali kasih dan suka cita agar dapat kumpul kembali dalam naungan Allah Subhanawata’alla,” katanya.

Memaafkan adalah tidak mendendam, tidak mengingat dan tidak mengungkit. (*)

Penulis : tri jumartini ilyas

Tags
Close