EKONOMI & BISNIS

Alhamdulillah, PTBA Fasilitasi 2.628 Pemudik Pulang ke Kampung Halaman

MUARAENIM, ASSAJIDIN.COM –– PT Bukit Asam (PTBA) melepas ratusan peserta mudik gratis yang diselenggarakan BUMN 2019. Perusahaan ini turut berpartisipasi dengan menyiapkan 31 Bus untuk pemudik secara gratis menuju ke kampung halamannya.

“Pada tahun 2019, Bukit Asam memberangkatkan 2.628 pemudik dan 5 titik yaitu Jakarta, Merak, Bandar Lampung, Palembang, dan Tanjungenim,” ujar Direktur Operasi dan Produksi Suryo Eko Hadianto didampingi Wakil Bupati Muaraenim Juarsah, di halaman Kantor PTBA, Kamis (30/5/2019).

Dikatakan Eko, PTBA menyediakan Mudik Bareng BUMN 2019 merupakan Program dari Kementrian BUMN untuk dilaksanakan oleh seluruh BUMN. Seluruh BUMN turut berpatisipasi dalam kegiatan Mudik Bareng BUMN 2019 ini. PT Bukit Asam juga turut berpartisipasi dalam Program Mudik Bareng BUMN 2019. Pada tahun 2019, Bukit Asam memberangkatkan 2.628 pemudik dan lima titik yaitu Jakarta, Merak, Bandar Lampung, Palembang, dan Tanjungenim. Total terdapat 31 bus yang akan diberangkatkan dari Jakarta, Bandar Lampung, Palembang dan Tanjungenim, dengan rincian 12 bus dlberangkatkan dan Jakarta menuju Surabaya, Solo, Malang, Yogyakarta, Jambi, Bengkulu dan Palembang.

16 buah bus diberangkatkan dari Bandar Lampung menuju Padang dan Yogyakarta. Sembilan buah bus diberangkatkan dari Tanjungenim menuju Padang, Solo, dan Yogyakarta. Empat buah bus diberangkatkan dan Palembang menuju Padang, Yogyakarta, dan Bandung.

Dikatakan Eko, bahwa pada Senin 27 Mei 2019 telah diberangkatkan tiga bus dari Jakarta menuju kota-kota dI Sumatera yaitu Jambi, Bengkulu, dan Palembang. Pada Kamis, 30 Mei 2019, secara serentak bus dari Palembang, Bandar Lampung dan Tanjungenim serta dua bus dan Jakarta diberangkatkan.

Pada Juma’t, 31 Mel 2019 akan diberangkatkan lima bus dari Jakarta menuju Surabaya, Solo dan Yogyakarta. Pada Sabtu 1 Juni 2019 akan diberangkatkan dua bus dari Jakarta menuju kota-kota di Sumatera yaitu Bengkulu dan Palembang.

Untuk total pemudik yang menggunakan bus, lanjut Eko, seluruhnya adalah 1.460 pemudik yakni 578 pemudik dari Jakarta, 282 pemudik dari Bandar Lampung, 420 pemudik dari Tanjungenim, dan 180 pemudik dari Palembang.

Lihat Juga :  Telkom Indonesia Siap Bawa "Industri Halal" Mendunia

Bukit Asam juga memberangkatkan pemudik dengan kapal feri dari Merak menuju Bakauheni Lampung pada senin 27 Mei 2011. Total pemudik yang diberangkatkan dengan kapal feri sebanyak 700 orang dalam satu kapal. Untuk kereta api Bukit Asam menyediakan satu gerbong kereta Kertajaya tambahan tujuan Surabaya atau untuk 106 Pemudik, dua gerbong kereta Mataram tujuan Yogyakarta atau untuk 128 Pemudik, kereta ini akan diberangkatkan pada Sabtu 1 Juni 2011 dari Stasiun Pasar Senen.

Selain itu Bukit Asam juga menyediakan kereta untuk Arus Balik pemudik menuju kembali ke Jakarta yakni satu gerbong kereta api Kertajaya tambahan dari Surabaya menuju Jakarta, dua gerbong kereta Mataram dari Yogyakarta menuju Jakarta, kereta ini akan berangkat menuju Jakarta pada Sabtu 8 Juni 2011.

Adapun tujuan mudik bareng BUMN 2011 ini, sambung Eko adalah sebagai wujud nyata kontribusi Bukit Asam untuk masyarakat sekitar perusahaan dengan cara memfasilitasi masyarakat ini untuk dapat mudik ke kampung halamannya. Dengan kegiatan mudik bareng BUMN ini juga dapat meningkatkan Sinergi BUMN yang selama ini terus didorong oleh Kementerian BUMN meningkatkan hubungan baik antara Bukit Asam dengan masyarakat dan stakeholder.

Dari perwakilan pemudik Sigit Raharjo, mengucapkan banyak terimakasih yang sebesar-besarnya terhadap PTBA yang telah memfasilitasi masyarakat ring 1 PTBA untuk kegiatan Mudik Bareng BUMN 2019 ini. Semoga benar-benar bermanfaat dan membantu masyarakat untuk mudik ke kampung halamannya. Dan kedepan mudah-mudahan kegiatan ini benar-benar rutin dilakukan, namun bukan saja pergi tetapi pulangnya juga difasilitasi. Mudah-mudahan PTBA semakin jaya dan berkembang bersama masyarakat.
“Alhamdulilah saya sekeluarga sudah 2 kali mengikuti program ini, dan tahun ini panitia lebih siap bila dibandingkan tahun lalu. Doakan kami selamat pulang pergi dan bisa berkumpul dengan keluarga,” ujar Sigit.

Sementara itu Bupati Muaraenim yang diwakili Wabup Muaraenim Juarsah mengatakan bahwa tahun ini, kegiatan ini dalam rangka partisipasi program mudik gratis dari kementrian BUMN di unit Pertambangan Tanjungenim telah memasuki tahun kedua.

Lihat Juga :  November, Lion Air Buka Penerbangan Palembang-Jeddah, Permudah Warga Beribadah

Program ini adalah merupakan program tahunan dari kementrian BUMN dalam rangka mengurangi kepadatan arus mudik bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi demi terciptanya kelancaran arus lalu lintas dan keselamatan, dimana setiap tahun selalu terjadi kepadatan baik pada saat arus mudik ataupun arus balik.

Dalam pelaksanaan program mudik gratis BUMN Tahun 2019 ini, PT Bukit Asam Tbk Unit pertambangan Tanjungenim menyediakan Sembilan unit armada bus untuk digunakan sebagai moda transportasi mudik gratis.

Adapun kota tujuan mudik gratis ini adalah Tanjungenim Cipali Yogyakarta sebanyak 100 Seat, Tanjungenim Bandung Yogyakarta 95 Seat, Tanjungenim Semarang Solo ada180 Seat, dan Tanjungenim Solok Padang sebanyak 45 Seat.

Diakatakan Juarsah, untuk peserta pemudik merupakan masyarakat ring 1 perusahaan yang melalui mekanisme pendaftaran dikelurahan/desa, dan telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh kKementrian BUMN. Dan tahun ini, telah terdaftar sebanyak kurang lebih 90 persen dari total jumlah kursi yang disediakan.

Hal ini merupakan pencapaian positif dari animo masyarakat ring 1 terhadap adanya program mudik gratis yang dilaksanakan kementrian BUMN dalam hal ini diselenggarakan oleh PTBA. Kami berharap semoga program ini dapat terus berlanjut disetiap tahun dengan armada yang lebih banyak lagi sehingga semakin bayak masyarakat ring 1 yang akan menikmati program ini. Dan kepada para sopir untuk benar-benar mematuhi lalulintas dan jangan kebut-kebutan sebab mereka semua ingin bertemu dengan sanak keluarganya. Jika lelah lebih beristirahat jangan memaksakan diri apalagi menggunakan doping obat-obat berbahaya dan narkoba.

” Kami ucapkan selamat kepada PT Bukit Asam Tbk unit pertambangan Tanjungenim atas terselenggaranya program mudik gratis BUMN Tahun 2019. Untuk peserta pemudik kami doakan semoga selamat sampai ditujuan dan berkumpul dengan keluarga. Saya mewakili Bupati Muaraenim mengucapkan selamat hari raya idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin,” ujar Juarsah. (*/sumber: rilis humas PTBA)

 

Tags
Close