BERITA TERKINIPendidikan

Sembilan Santri Ujian Tahfidz Nasional, Subhanallah… Salmah Peserta Termuda

AsSAJIDIN.COM —  Sebanyak sembilan orang peserta mengikuti ujian sebagai bagian dari tahapan Wisuda Tahfidz Nasional 2018 PPPA Daarul Qur’an berasal dari provinsi Sumatera Selatan. Ujian berlangsung dari tanggal 5-10 April 2018 di kota Palembang bertempat di Rumah Tahfidz Ponpes Badilah Rukmini dan Rumah Tahfidz Daarul quran wal hufafz Abi Ummi DW sarmadi.

Dari sembilan orang tersebut terdiri dari dua santri dari Rumah Tahfidz Ponpes Badilah Rukmini, dua Santri dari Rumah Tahfidz Daarul quran wal hufadz Abi Ummi DW Sarmadi, empat orang dari Rumah Tahfidz Qurrota Aini Kiai Marogan Polyghon dan satu orang dari Tahfidz Masdarurrahmah Senuro Kec. Tanjung Batu Ogan Ilir.

Adapun pola ujiannya adalah setiap santri punya waktu sekitar lima hari, dalam kurun waktu tersebut santri diminta melafazkan ayat-ayat suci Alquran di depan dewan penguji. Ada yang sehari berhasil melafazkan 15 juz ujar Ustad Syamsudari selaku Koordinator Daerah Rumah Tahfidz Daarul Qur’an Sumsel yang dibantu tim Penguji sebanyak tiga orang terdiri dari Ust M Yunus Alhafidz , Ust Ainul Yakin Alhafidz dan Ust Zakaria Ansori Alhafidz.

Lihat Juga :  Jemaah Haji Lemparkan 166 Juta Batu ke Jamarat, inilah Maknanya

Beliau menambahkan dari sembilan peserta Ujian Wisuda Tahfidz Nasional (WTN) 2018 PPPA Daarul Qur’an, Alhamdulillah ada satu santriwati yang tergolong masih muda, atas nama Salmah Zakiroh Alhamdani usia 13 tahun yang berasal dari Rumah Tahfidz Daarul Qur’an Wal Hufadz Abi Ummi DW Sarmadi, yang merupakan satu satunya peserta termuda dibandingkan dari daerah lain di Indonesia.

Salmah Zakiroh Alhamdani adalah putra pasangan dari H.M.Hamdani dan Hj. Widyawati, mulai menghafal semenjak usia 9 tahun. Tiap hari dibaca sambil dihafal terus disetor dengan ustadzah di Rumah Tahfidz, dengan menggunakan metode One Day One Lembar (ODOL) ,Alhamdulillah dengan ketekunan dan kesungguhan serta ikhtiar kunci keberhasilan dalam menyelesaikan hafalan sampai 30 juz, ujar Salmah yang juga tercatat sebagai siswa di MTs Assanadiyah Palembang.

Lihat Juga :  Pengamat Sosial Politik ini Usulkan Lima Tahun Mendatang Ampera Ditutup Saja

Salmah berharap dan meminta do’a serta dukungan dari masyarakat Sumatera Selatan supaya lulus ujian Wisuda Tahfidz Nasional 2018 ini dan bisa mengikuti Wisuda Akbar Tahfidz Nasional pada 29 april 2019 di Masjid Istiqlal Jakarta.

Rumah Tahfidz adalah salah satu program Pendidikan dan Dakwah dari PPPA Daarul Qur’an. Berdiri sejak tahun 2009, tercatat saat ini terdiri dari 30.930 Santri, 893 Rumah Tahfidz, 124 Kabupaten/kota dan 26 Provinsi yang salah satunya adalah Provinsi Sumatera Selatan.
Rumah Tahfidz diharapakan menjadi penggerak semua lini kehidupan agar kelak Indonesia dipimpin oleh para Ahlul Qur’an.(*/sumber: Tim Media dan Program PPPA Daarul Qur’an Palembang @daqu_palembang)

Penulis: Rilis/Wilda

Tags

Berita Terkait

Close