HeadlineHumanioraUtama

Wah…Pohon Lengkeng akan Hijaukan Palembang, Siapa Penggagasnya dan Dimana Lokasinya?

PALEMBANG, AsSAJIDIN.COM — Sebagai upaya penghijauan kota, Pemerintah kota Palembang akan menanam 1.300 bibit pohon lengkeng untuk ditanam di kawasan kota Palembang. Bibit pohon lengkeng ini merupakan bantuan CSR dari PT PLN (Persero).

Bantuan 1.300 bibit pohon lengkeng diserahkan GM PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu (WS2JB), Daryono kepada Wali Kota Palembang, H Harnojoyo di Tugu Garuda Sekojo, Ajendam II Sriwijaya, Minggu (28/1/2018).

Wali Kota Palembang Harnojoyo menyambut baik bantuan bibit tanaman pohon yang di berikan PLN, ia juga mengatakan nantinya Tugu Garuda Sekojo, Ajendam II Sriwijaya akan dibuat menjadi ruang terbuka hijau.

“Nantinya di lokasi ini akan didirikan taman bermain. Sehingga masyarakat sekitar memiliki tempat untuk bersantai, yang juga bisa dimanfaatkan untuk olahraga,” ujar Harnojoyo.

Pembangunan taman tersebut akan dibantu oleh Pelindo, selain itu dirinya juga berpesan kepada masyarakat sekitar untuk menjaga nantinya jika taman selesai dibangun. “Kita terima kasih kepada PLN yang membantu penghijauannya. Saya harapkan pembangunan nantinya segera selesai,” ucapnya.

GM PT PLN (Persero) WS2JB, Daryono mengungkapkan, suatu kebanggaan bagi PLN WS2JB untuk dapat turut serta bersinergi bersama pemerintah dalam inisiasi terciptanya kampung lengkeng di Kota Palembang.

“PLN memiliki sasaran CSR pada lingkungan serta pemberdayaan masyarakat yang terfokus pada kegiatan secara terpadu dan berkesinambungan,” kata Daryono.

CSR 1.300 bibit pohon lengkeng untuk penghijauan di Kota Palembang, merupakan bentuk tindakan nyata komitmen PLN dalam penghijauan lingkungan. “Tumbuhan dapat menurunkan suhu dengan keteduhan dan kesejukan, menjadi area resapan air dan dapat meredam kebisingan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Forum DAS Sumsel, Dr Syafrul Yunardi yang juga hadir dalam kesempatan tersebut mengaku sangat mendukung program lengkengisasi di Kota Palembang, ia mengatakan melalui penanaman pohon produktif selain dapat menghijaukan juga buahnya juga bermanfaat.
“Ruang terbuka hijau di Kota Palembang juga akan mampu memberikan nilai tambah dari buah lengkeng yang berasal dari bibit unggul sebanyak 1.300 batang sebagai bantuan CSR PT PLN ini,” ujarnya.

Selain itu, dikatakan dia Lengkeng ini apabila ditanam di pinggiran sungai akan mampu membantu mengendalikan erosi dan tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Banyak manfaat yang diperoleh masyarakat dengan menanam lengkeng ini, seperti melestarikan lingkungan, manfaat ekonomi dari buah lengkeng yang dihasilkan misalnya dijual dan apabila ditanam sendiri juga mampu mengendalikan pengeluaran uang belanja untuk beli buah-buahan di mall,” jelasnya.(*)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close