Menebar Ilmu Meraih Hikmah

Subhanallah !!! Salju Turun di Gurun Sahara, Kawasan Padang Pasir yang Terkenal Bersuhu Paling Panas di Dunia

 

AIN SEFRA, AsSAJIDIN.COM – Salju turun di salah satu tempat paling panas di dunia, yakni di kota gurun Aljazair yang disebut Ain Sefra atau ”Gerbang ke Sahara”.

Fenomena alam ini menambah banyak daftar kejadian cuaca ekstrem di berbagai penjuru dunia setelah suhu dingin di Amerika Serikat (AS), Kanada, dan Benua Eropa. Salju yang tidak biasa itu turun di Ain Sefra pada Minggu (7/1) waktu lokal. ”Ain Sefra mengalami hujan salju dalam jumlah banyak un – tuk ketiga kali dalam 40 tahun. Beberapa laporan menyatakan ketebalan salju mencapai ham – pir 15 inci, meski demikian otoritas Ain Sefra secara resmi melaporkan ketebalan salju kurang dari satu inci,” ungkap laporan CNN, kemarin.

Hadirnya salju di gurun itu menjadi pemandangan unik sekaligus aneh karena kawasan itu biasanya mengalami suhu paling panas di bumi saat mu – sim panas. Meski demikian, kali ini suhu yang tidak biasa ter jadi di kawasan gurun ter – sebut hing ga mencapai se puluh derajat Farenheit saat malam hari. Itu artinya, salju dapat turun beberapa saat. Sejumlah fotografer yang datang ke lokasi salju menya ta – kan salju tetap bertahan saat siang hari sehingga menjadi pe – mandangan seperti dari dunia lain. ”Kami benar-benar ter ke – jut saat kami bangun untuk melihat salju lagi. Salju bertahan sepanjang hari pada Minggu (7/1) dan mulai meleleh sekitar pukul 5 sore,” kata fotografer Karim Bouchetata pada Shutterstock dikutip CNN.

Meski salju sangat jarang terjadi di wilayah gurun, fenomena salju yang sama juga terjadi tahun lalu. Sebelum itu, salju turun 37 tahun lalu di Ain Sefra.(*)