BERITA TERKININASIONAL

2018 Tahun Politik, Menteri Agama Ajak Tebarkan Kedamaian

 

JAKARTA, AsSAJIDIN.Com — Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin memimpin upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama RI ke-71 di halaman kantor Kemenag, Jakarta, Rabu (3/1). Acara yang digelar tiap tahun ini mengangkat tema “Tebarkan Kedamaian”.

Menurut Lukman, tema tersebut sangat relevan untuk menyambut tahun politik 2018 dan 2019. Karena itu, ia mengajak kepada masyarakat Indonesia untuk mulai menebarkan pesan kedamaian.

“Itulah kenapa dalam tahun 2018 ini sengaja kami memilih kata tebarkan kedamaian karena ini sangat relevan kontekstual dengan realitas Indonesia di mana tahun ini adalah tahun politik dan tahun depan juga tahun politik Pilpres dan Pemilu legislatif,” ujarnya seperti dikutip dari republika.co.id.

Ia mengatakan, Kemenag merupakan kementerian yang menyandang kata agama, sedangkan pesan utama semua agama pada hakikatnya adalah untuk mewujudkan kedamaian. Karena itu, Lukman ingin agar semua umat beragama di Indonesia bisa turut menebarkan kedamaian.

Lihat Juga :  Fatwa MUI Vaksin Influenza Asal China Halal Aman untuk Umat Islam

“Kita ingin betul-betul semua kita umat beragama mampu mengembalikan agama pada esensi atau substansi yang sesungguhnya yaitu tadi, agama yang mewujudkan kedamaian, yang menebarkan kasih sayang,” ucapnya.

Lukman juga mengajak kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag untuk menjadi duta perdamaian, sehingga kedamaian di Indonesia tetap terjaga, serta tidak memecah belah persatuan. “Oleh karenanya sebesar atau setajam atau sekeras apapun perbedaan diantara kita, karena hakekatnya kita beragam, kita berbeda, jangan sampai mengoyak persatuan kita sebagai sebuah bangsa,” kata alumni Ponpes Modern Gontor ini.

Untuk diketahui, pada 3 Januari 1946, Kementerian Agama resmi berdiri sebagai bagian dari perangkat bernegara dan berpemerintahan. Pada hari itu pula Indonesia mengukuhkan sebagai negara yang pertama kati memiliki kementerian di bidang agama. Karena itu, setiap tanggal 3 Januari Kemenag memperingati HAB.

Lihat Juga :  Bangun Lubis : AJO Indonesia Lahir untuk Wartawan yang Profesional

“Kepada seluruh jajaran keluarga besar Kementerian Agama di mana pun saudara-saudara bertugas, saya ingin mengucapkan Selamat Hari Amal Bakti ke-72. Semoga pengabdian kita semua selalu mendapat ridla Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa,” kata Lukman dalam sambutannya.

Kementerian Agama hadir untuk mengatur, membimbing, melayani serta melindungi semua pemeluk agama di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Agama menyertai denyut nadi kebangsaan. Kementerian Agama bertugas sebagai pengawal dasar negara yaitu Pancasila yang di dalamnya mengandung nilai-nilai agama dan mencerminkan jatidiri bangsa Indonesia.(*)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close