Ilustrasi

 

AsSAJIDIN.Com — Seiring dengan perkembangan teknologi dan zaman saat ini, peran orangtua pun juga sudah seharusnya ikut berkembang. Orangtua dalam mlaksanakani perannya perlu memiliki beberapa kemampuan yang juga sesuai dengan zaman. Yuk simak hal berikut ini mengenai kemampuan apa saja yang harus dimiliki orangtua zaman now.

1. Mampu menjaga komunikasi dengan baik

Dewasa ini komunikasi merupakan kunci utama dalam mendidik seorang anak. Orangtua harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dengan anaknya. Berkomunikasilah secara terbuka dengan anak secara rutin. Jalin kedekatan dengan buah hati agar mereka nyaman untuk bercerita banyak hal kepada orangtua. Jika anak sudah percaya, maka kita juga akan mengetahui keadaan anak kita yang sebenarnya.

2. Paham akan mendidik dengan baik

Sahabat AsSAJIDIN.Com mendidik adalah proses memberikan pengertian dan pemahaman makna kepada anak agar ia dapat memahami lingkungan sekitarnya serta dapat mengembangkan dirinya dengan baik dan bertanggung jawab. Oleh karena itu, orangtua perlu memiliki pemahaman mendidik yang baik agar sang anak dapat terdidik dengan baik pula.

3. Hindari mengancam, membujuk/menjanjikan hadiah serta bersikap otoriter, acuh tak acuh dan memanjakan dalam mendidik anak

Hal ini perlu dilakukan karena beerdampak buruk pada kepribadian sang anak. Perlu diketahui sikap membujuk dapat melahirkan sifat ketergantungan, sementara sikap mengancam dapat mematikan inisiatif, motivasi maupun kreativitas anak.

Selain itu, sikap otoriter dapat menimbulkan tekanan pada diri anak dan ketakutan sementara sikap acuh tak acuh membuat sang anak merasa tidak dipedulikan. Serta sikap memanjakan dapat menimbulkan sifat tidak mandiri pada anak.

4. Memahami bahasa non verbal
Memarahi anak karena melakukan suatu kesalahan bukanlah solusi yang efektif. Memahami apa yang menjadi penyebab kesalahan itu terjadi serta perasaan sang anak. Bahasa non verbal yang dimaksud ialah dengan memberikan sentuhan, senyuman, pelukan, menatap dan meletakkan tangan di bahu untuk menenangkan sang anak.

5. Memahami kemampuan atau bakat yang dimiliki anak.

Orangtua perlu memahami dan melihat kemampuan atau potensi bakat yang dimiliki sang anak. Selain itu juga perlunya dukungan dan dorongan yang diberikan oleh orangtua sehingga sang anak dapat mengasah kemampuan atau bakatnya.

6. Memiliki visi

Memiliki visi yang jelas dalam mendidik dan mengembangkan anak agar dapat menentukan pendidikan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh sang anak. Serta mencapai ilmu pendidikan karakter yang dinginkan. Semoga bermanfaat. (*/sumber: ummi-online.com)

Lazada Indonesia