KELUARGA

Enam Adab Sebelum Keluar Rumah

AsSAJIDIN.COM — Seperti halnya memasuki rumah, keluar rumah pun ada adabnya. Tak bisa kita langsung nyelonong begitu saja, tanpa mengindahkan adab-adab ini.

Adab ini ada pasti memiliki hikmah tersendiri. Karena itu, merupakan etika yang menunjukkan bahwa kita memiliki sikap yang baik dan berbudi.

Oleh karena itu, mari kita ubah kebiasaan buruk kita yang biasanya suka pergi atau pun keluar rumah sambil nyelonong, dengan melakukan beberapa adab keluar rumah berikut ini.

1. Mengucapkan salam kepada keluarganya ketika hendak keluar dari rumah.

Lihat Juga :  Tetap Rajin Beramal Soleh di Luar Ramadhan

2. Ketika keluar rumah hendaknya membaca doa:
“Bismillahi Tawakkaltu ‘alallah Wala haula Wala quwwata Illa Billah (Dengan nama Allah akau bertawakkal/ berserah diri. Tiada daya dan upaya melainkan dari Allah),” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).

3. Menutup pintu dengan perlahan.

“Subhanalladzi skhara lanaa haadza wama kunna lahuu Muqriniin (Maha suci Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami, dan sebelumnya kami semua tidak mampu menguasainya),” (QS. Az-Zukhruf: 13).

5. Ketika keluar dari rumah tidak dalam keadaan marah, tetapi hendaknya dalam keadaan ridha (senang).

Lihat Juga :  Ingin Dosa Setahun Lalu Dihapus, Jangan Lupa Besok, Rabu 19 September Puasa Tasu'a dan Lusa Puasa Asyura, Ini Niatnya  

6. Menjaga diri dari pekerjaan yang tidak halal.

Nah, itulah adab-adab yang harus kita taati. Dengan mengikuti peraturan yang telah digariskan oleh Allah SWT dan Rasul-Nya, insya Allah ketika kita berada di luar rumah, Allah senantiasa melindungi kita. Baik itu dari marabahaya maupun dari orang-orang yang ingin melakukan kejahatan kepada kita. [*/Sumber: Adab Islam dalam Kehidupan Sehari-hari/Karya: Mahdy Saeed Reziq Krezem/Penerbit: Media Da’wah]

BERITA LAIN
Close
Back to top button