Uncategorized

KKN Mandiri Berbasis Riset dan Pengembangan Potensi Lokal Berkarakter

 

PALEMBANG, AsSAJIDIN.Com — Sebanyak 453 mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang mengikuti kegiatan serah terima peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri tahun 2017 yang diadakan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN RF kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang di Masjid Darul Muttaqin UIN RF, Kamis (30/11/2017). Adapun tema yang diangkat ialah KKN berbasis Riset dan pengembangan potensi lokal berkarakter.

Dr. Achmad Syarifuddin, M.A selaku Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) di LP2M, mengatakan Alasan mengangkat tema ini adalah karena daerah-daerah di Sumatera Selatan memiliki karakteristik berbeda satu dengan lainnya.
“Sumsel memiliki banyak budaya, daerah kita ini kaya akan budaya, nah dengan banyaknya budaya dan ciri khas ini diharapkan mahasiswa KKN mampu memunculkan ciri khas itu lalu dikembangkan menjadi sesuatu yang bermakna bagi masyarakat dan pemerintah,” ujarnya.

Lihat Juga :  Palembang Raih Adipura ke-12, Harnojoyo Minta Gotong Royong Terus Ditingkatkan

Sementara itu, sekretaris Dinas Pendidikan Kota Palembang, H. Karim Kasim,SH. MH mengatakan Pemkot Palembang mengapresiasi adanya KKN mahasiswa UIN RF di Kota Palembang, hal itu karena mahasiswa bisa bersinergi dengan pemerintah dalam melakukan pengembangan potensi di masyarakat.
“Kami berharap mahasiswa bisa menerapkan ilmu yang sudah dipelajari di kampus untuk mengembangkan potensi yang ada di masyarakat,” ujarnya saat menyampaikan sambutan mewakili Walikota Palembang dalam acara serah terima tersebut.

Sementara itu, Ketua LP2M Dr. Syefriyeni, M.Ag., menjelaskan KKN Mandiri ini diadakan di empat kecamatan di kota Palembang yakni Kecamatan Kalidoni, Kecamatan Sako, Kecamatan Sematang Borang dan Kecamatan Gandus.
“Alasan kami mengadakan KKN mandiri ini adalah menjawab masukan-masukan dari mahasiswa yang sudah bekerja, sudah menikah dan tidak bisa mengikuti KKN Reguler pada tahun 2018 nanti, selain itu juga ini adalah program percepatan akademik bagi mahasiswa yang sudah menyelesaikan tugas akhir,” ujarnya.(*)

Lihat Juga :  Wajah Baru Anak Sungai Musi Bertautkan Jembatan Cantik Warna-warni

Penulis: Lusi Harianti

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button